Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SDN 2 gampeng melalui program kampus mengajar

Authors

  • Anggie Dahni Oktavianto STKIP PGRI Nganjuk
  • Agustin Patmaningrum STKIP PGRI Nganjuk
  • Sherly Mayfana Panglipur Yekni STKIP PGRI Nganjuk
  • Addin Zuhrotul Aini STKIP PGRI Nganjuk
  • Reza Dimas Pravangasta Perdana STKIP PGRI Nganjuk

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar di Indonesia, khususnya di SD Negeri 2 Gampeng masih rendah dengan nilai rata-rata Pre Test literasi sebesar 51,11 dan numerasi sebesar 52,78. Pendidikan yang efektif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi ini. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Program Kampus Mengajar 6 dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD Negeri 2 Gampeng. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kedua aspek dengan rata-rata nilai literasi meningkat menjadi 80,56 dan numerasi menjadi 71,67. Nilai T Hitung literasi adalah 4,09 dan T Hitung numerasi adalah 1,87. Kesimpulan: Program Kampus Mengajar 6 terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Studi lanjutan dapat difokuskan pada implementasi metode serupa di sekolah-sekolah lain dengan kondisi yang serupa.

Kata Kunci—kampus mengajar; literasi; numerasi; sekolah dasar; pembelajaran interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhaoud Daroin, A., Vanessa, O., Santoso, K., Mei, D., Pranidia, A., & Halimah, L. L. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SDN 2 GOMBANG TULUNGAGUNG. 38–49. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i1.12670

DIDIK. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087

Dwi Noerbella. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PESERTA

Enzelina, P., Pangaribuan, F., Tampubolon, S., Rahmatullah, M. I., & Samosir, A. (2022). Meningkatkan Literasi dan Numerasi serta Adaptasi Teknologi di SDN 14 Talang Muandau melalui Program Kampus Mengajar. Tridharmadimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 78-83. https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v2i2.909

Kemendikbud. (2019). Laporan Kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019. https://repositori.kemdikbud.go.id/18292/

Kusumastuti, F. A., & Lutfi, M. K. (2022). Peningkatan Literasi dan Numerasi dalam Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92648

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Muyassaroh, I., Masrurah, S. N., & Oktaviani, R. P. (2022). Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v4i2.441

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Rachman, B. A., Fidaus, F. S., Mufidah, N. L., & Sadiyah, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Oktavianto, A. D., Patmaningrum , A., Yekni , S. M. P., Aini , A. Z., & Perdana, R. D. P. (2024). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SDN 2 gampeng melalui program kampus mengajar. Dharma Pendidikan, 19(2). Retrieved from https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/528

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>