Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar

Penulis

  • Rina Puji Utami

Kata Kunci:

Keberhasilan Pembelajaran, Pengembangan Media Pembelajaran

Abstrak

Pada kegiatan belajar mengajar banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa terhadap materi pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan oleh guru di kelas. Beberapa  faktor tersebut diantaranya adalah guru sebagai fasilator dan proses kegiatan pembelajaran. Proses kegiatan pembelajaran akan menjadi penentu keberhasilan apabila dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut siswa dapat merasakan susasana pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang sedang dipelajarai.Dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut media penunjang pembelajaran dapat  menentukan keberhasilan dalam  penguasaan materi yang diberikan, karena dengan media pembelajaran siswa bisa  memperoleh penjelasan lebih menarik dan suasana yang menyenangkan sehingga memotivasi siswa untuk lebih bersemangat memahami materi yang siswa pelajari. Dalam kegiatan pembelajaran dengan  adanya  pembelajaran dengan  lisan dan tulisan akan lebih menarik dan mempermudah siswa memahami materi  dapat diperkaya dengan berbagai media pembelajaran  . Dengan tersedianya , guru dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat antar siswa. Selanjutnya guru dapat membawa dunia luar yang berkaitan materi pengajaran ke dalam kelas melalui media pembelajaran yang diberikan siswa tersebut .Dengan demikian pemahaman, konsep dan  ide yang abstrak dan asing  sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila alat/media pembelajaran   ini dapat di fungsikan secara tepat dan proforsional, maka akan dapat berjalan efektif. Dengan demikian peran guru selain penguasaan materi yang baik juga terus aktif dalam dalam  mengembangkan media pembeljaran sesuai dengan materi yang disampaikan sehingga tujuan penguasaan materi bisa efektif sesuai dengan tujuan pendidikan.

Referensi

Asnawir & Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Cleophas, Frans. (2011). Penggunaan Media Pembelajaran Yang Tepat Dapat Menunjang Keberhasilan Dalam Proses Pembelajaran. :http://kursusinggris.wordpresss /(8 Agustus 2017)

Depdikbud, (1992). Materi Latihan Kerja Guru PMP SLTP. Jakarta: Penerbit Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Munadi Yudhi. ( 2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada press.

Ana, Sudjana, dan Ahmad Rivai. (1990). Media Pengajaran. Bandung : CV Sinar Baru https://goenable.wordpress.com/tag/jenis-jenis-media-pembelajaran (3 Agustus 2017)

Hamalik, Oemar. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan: Pendekatan Terpadu Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuswanto, Goto. (2012). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Widyaiswara.Efektivitas.Diklat:http://diklatbanyumas.blogspot.com/2012/03/pemanfaatan-media-pembelajaran [08 Agustus 2017].

Sadiman, Arief S, dkk. (2009). Media Pendidikan : Pengertian, Pegembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-10-17

Cara Mengutip

Utami, R. P. (2017). Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar. Dharma Pendidikan, 12(2), 62 - 81. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/34