Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v12i2.34Keywords:
Keberhasilan Pembelajaran, Pengembangan Media PembelajaranAbstract
Pada kegiatan belajar mengajar banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa terhadap materi pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan oleh guru di kelas. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah guru sebagai fasilator dan proses kegiatan pembelajaran. Proses kegiatan pembelajaran akan menjadi penentu keberhasilan apabila dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut siswa dapat merasakan susasana pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang sedang dipelajarai.Dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut media penunjang pembelajaran dapat menentukan keberhasilan dalam penguasaan materi yang diberikan, karena dengan media pembelajaran siswa bisa memperoleh penjelasan lebih menarik dan suasana yang menyenangkan sehingga memotivasi siswa untuk lebih bersemangat memahami materi yang siswa pelajari. Dalam kegiatan pembelajaran dengan adanya pembelajaran dengan lisan dan tulisan akan lebih menarik dan mempermudah siswa memahami materi dapat diperkaya dengan berbagai media pembelajaran . Dengan tersedianya , guru dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat antar siswa. Selanjutnya guru dapat membawa dunia luar yang berkaitan materi pengajaran ke dalam kelas melalui media pembelajaran yang diberikan siswa tersebut .Dengan demikian pemahaman, konsep dan ide yang abstrak dan asing sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila alat/media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proforsional, maka akan dapat berjalan efektif. Dengan demikian peran guru selain penguasaan materi yang baik juga terus aktif dalam dalam mengembangkan media pembeljaran sesuai dengan materi yang disampaikan sehingga tujuan penguasaan materi bisa efektif sesuai dengan tujuan pendidikan.
Downloads
References
Asnawir & Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Cleophas, Frans. (2011). Penggunaan Media Pembelajaran Yang Tepat Dapat Menunjang Keberhasilan Dalam Proses Pembelajaran. :http://kursusinggris.wordpresss /(8 Agustus 2017)
Depdikbud, (1992). Materi Latihan Kerja Guru PMP SLTP. Jakarta: Penerbit Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah
Munadi Yudhi. ( 2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada press.
Ana, Sudjana, dan Ahmad Rivai. (1990). Media Pengajaran. Bandung : CV Sinar Baru https://goenable.wordpress.com/tag/jenis-jenis-media-pembelajaran (3 Agustus 2017)
Hamalik, Oemar. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan: Pendekatan Terpadu Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kuswanto, Goto. (2012). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Widyaiswara.Efektivitas.Diklat:http://diklatbanyumas.blogspot.com/2012/03/pemanfaatan-media-pembelajaran [08 Agustus 2017].
Sadiman, Arief S, dkk. (2009). Media Pendidikan : Pengertian, Pegembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rina Puji Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0