PERAN LITERASI KEUANGAN DAN PENDIDIKAN EKONOMI DALAM KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v17i1.189Keywords:
Literasi Keuangan, Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Perilaku KonsumtifAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran literasi keuangan dan pendidikan ekonomi dalam lingkungan keluarga yang didapatkan oleh individu terhadap perilaku konsumtif mahasiswa ditengah pesatnya perkembangan era digitalisasi yang membuat transaksi ekonomi semakin mudah dan praktis untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam pembuatan artikel ini adalah literature review yang mana uraian tentang teori dan temuan dari penelitian yang telah ada digunakan sebagai bahan acuan dalam menyusun artikel ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pendidikan ekonomi dalam keluarga mempunyai peran yang sangat penting terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, semakin tinggi intensitas peran orang tua dalam memberikan pendidikan ekonomi di keluarga maka semakin baik pula pola pikir mahasiswa dalam mengontrol perilaku konsumtif di dalam kehidupannya, selain itu literasi keuangan yang bagus juga bisa berperan untuk mengontrol perilaku konsumtif dengan baik. Pentingnya literasi keuangan akan meminimalisir perilaku konsumtif mahasiswa dalam berkonsumsi jika mahasiswa menerapkan teori-teri ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Agustin, G., Rahmawati, F., 2016. Pengaruh Jenis Kelamin, Ipk, dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang 10.
Anggreini, R & Mariyanti, S. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi. (12), 34-42
Astuti, Rika Pristian Fitri. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Life Style terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Edutama, 3(2), Juli 2016.
Beverly, S., & Clancy, M. 2001. “Financial Knowledge Of Teens And Their Parents”. Financial Counseling and Planning. Vol. 13 (2) : 1-10.
Chita, Regina. C.M., David L & Pali C. (2015). Hubungan Antara Self-Control Dengan Perilku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal e-Biomedik (eBm). 3 (1), 297-302.
Chotimah, C., Rohayati, S., n.d. Pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Sosial Ekonomi Orang Tua, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritual, Dan Teman Sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya 10.
Dikria, O., 2016. Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013 12.
Fadhila, N., 2018. Makna Pendidikan Ekonomi Informal Bagi Keluarga Petani Di Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung 8.
Gaisina, S., Kaidarova, L., 2017. Financial Literacy of Rural Population as a Determinant of Saving Behavior in Kazakhstan. Rural Sustainability Research 38, 32–42. https://doi.org/10.1515/plua-2017-0010
Hasibuan, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Imawati, Indah dkk. 2013. Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jupe UNS: Vol.2, No.1, 48-58
Inanna, I., 2020. Pentingnya Pendidikan Ekonomi Informal Dalam Mewujudkan Perilaku Ekonomi Mahasiswa Yang Rasional. JEKPEND 3, 64. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i1.12373
Jorgensen, B. L. 2007. Financial Literacy of Collage Student : Parental and Peer Influence. Thesis Not Publication Virginia : Master of Sains In Human Development.
Kumalasari, D., Soesilo, Y.H., 2018. Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 11.
Lisma, N., Haryono, A., Inayati, R., 2016. Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ditinjau Dari Motif Bertransaksi (Studi Kasus Pada Mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2012) 7.
Martin, Leo. 2010. Financial Planning For Autis Child : Perencanaan Keuangan Untuk Orang Tua Dengan Anak Penderita Autis. Yogyakarta : Katahati.
Melina, A., 2018. Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Stkip Ypm Bangko 2, 12.
Mowen, John C., dan Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 1 Edisi Kelima. Terjemahan Lina Salim. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mulyadi, Seto & Lutfi Trizki. 2012. Financial Parenting : Menjadikan Anak Cerdas dan Cermat Mengelola Uang. Jakarta : PT Mizan Publika.
Narmaditya, B.S., 2013. Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga Terhadap Perilaku Konsumsi Dimediasi Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2011. Ekuitas 1. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v1i1.12757
Nurjanah, S., Ilma, R.Z., Suparno, S., 2018. Effect of Economic Literacy and Conformity on Student Consumptive Behaviour. DP 13, 198–207. https://doi.org/10.15294/dp.v13i2.18330
Oktafikasari, E., Mahmud, A., 2017. Konformitas Hedonis Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif 14.
Pratiwi. I.(2017). Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya, dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Pembelian Impulsif untuk Produk Fashion di Online Shop pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undikhsa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1).
Prihastuty, D., Rahayuningsih, S., 2018. Pengaruh Financial Literacy, Financial Behavior, Financial Attitude, dan Demograsi Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Putri, Z.R., Soesilo, Y.H., n.d. Analisis Pemahaman Penerapan Literasi Keuangan Anak-Anak Yang Mempunyai Orangtua Pelaku Usaha Daur Ulang Barang Bekas 10.
Rangchian, M., Nezami, S., Jafari Seresht, D., Larki-Harchegani, A., 2019. Pharmacy students’ level of financial literacy and its differences among students with various career intentions. Currents in Pharmacy Teaching and Learning S1877129718304416. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2019.10.008
Rangkuti, Preddy. 2017. Customer Care Excellence. Jakarta : PT. Garmedia Pustaka Utama.
Schiffman, L & Kanuk L. 2008.Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks
Shim, et al. 2010. “Financial Socialization Of First Year College Students : The Roles of Parents, Work, and Education”. Journal Youth Adolescence. Vol. 39 : 1457-1470.
Sina, P. G. 2012. Analisis Literasi Ekonomi.Jurnal Economia, Volume 8 Nomor 2, Oktober 2012.
Siswoyo, B.B. 2005.Perilaku Organisasional Anggota Koperasi dan Pengaruhnya terhadap Partisipasi Anggota serta manfaat yang diperoleh Anggota Koperasi. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Brawijaya Malang
Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen; implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: graha ilmu
Wahyono, Hary. 2001. Pengaruh Perilaku Ekonomi kepala keluarga terhadap Intensitas Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS UM
Waluyo, S. E. al. (2008). Social Sciences. Jakarta: PT.Intan Pariwara.
Wulandari, Fitri, Hari Wahyono, dan Agung Hayono. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Respon pada Iklan, Intensitas Pergaulan Teman Sebaya, dan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran Ekonomi terhadap PerilakuKonsumsi Siwa Kelas VII SMP N 2 Nglegok Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2),116-123
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hanif Ramadhan Fahmi Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0