Dharma Pendidikan https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp <p>Dharma Pendidikan is a journal comprises publications from researches and scientific studies. The publications intended to contribute understanding and developing scientific theories and concepts, education and their application in school and society.</p> en-US <p>1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.<br />2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.<br />3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.<br />4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.<br />5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0</p> dharma@stkipnganjuk.ac.id (Dharma Pendidikan) dharma@stkipnganjuk.ac.id (Dharma Pendidikan) Wed, 10 Apr 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTU QUIZIZZ UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/508 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ekonomi menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantu Quizizz pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kratif siswa pada mata pelajaran ekonomi antara yang menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environmen (SOLE) berbantu Quizizz dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (True-Eksperimental) dengan jenis Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 360 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan X-E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu metode tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantu Quizizz dapat meningkatakan kemampuan berpikir kratif siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa ini dibuktikan dari nilai rata-rata posstest siswa kelas kontrol sebesar 60 dengan kategori kurang baik sedangkan posstet pada kelas experimen nilai rata-rata sebesar 85 dengan kategori baik.</p> Leviana Kristana Shinta, Umi Hidayati, Suharto Copyright (c) 2024 Leviana Kristana Shinta, Umi Hidayati, Suharto https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/508 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0700 PARAGRAPH PATTER N DAN WRITING: SEBUAH STUDI KONSEPTUAL UNTUK MENGETAHUI PENTINGNYA PEMAHAMAN SEORANG PENULIS TERHADAP PARAGRAPH PATTERN DALAM MENULIS SEBUAH TEKS https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/510 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya seorang penulis memahami dan mengimplementasikan pola paragraf (paragraph pattern) di dalam menyusun sebuah paragraf. Metode penelitian konseptual adalah pendekatan penelitian yang bertujuan untuk memahami dan menganalisis konsep atau teori tertentu tanpa mengumpulkan data empiris primer. Sebagai gantinya, metode ini mengandalkan pengumpulan dan analisis data sekunder, seperti literatur, dokumen, artikel ilmiah, adapaun hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa poin tentang pentingnya penyusuna pola paragraf sebelum menuliskan teks. Secara garis besar dapat dilihat hasil kajian mengapa pola paragraf penting dikuasai yang pertama dalah penggunaan pola paragraf di dalam sebuah teks akan memberikan struktur teks yang jelas. Dengan mengikuti pola yang umum dalam penyusunan paragraf, seperti pola induksi-deduksi atau pola urutan kronologis, kedua mempengaruhi kualiats kohesi pada teks, ketiga yaitu Pola paragraf yang teratur membantu dalam menyusun informasi secara terstruktur dan logis. Pembaca akan lebih mudah mengikuti alur pemikiran penulis karena informasi disajikan dengan urutan yang jelas dan terorganisir, dan terakhir adalah efisiensi komuniaksi tulis yang dilakukan oleh penulis dan pembaca.</p> Puput Zuli Ekorini, Anita Budi Rahayu Copyright (c) 2024 Puput Zuli Ekorini, Anita Budi Rahayu https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/510 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0700 THE EFFECTIVENESS OF SCRAPBOOK IN INCREASING THE STUDENTS' ENTHUSIASM FOR LEARNING FUNCTIONAL TEXT IN X GRADE AT SMA NEGERI 2 NGANJUK https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/509 <p>The aims of this study were: 1. To analyze the enthusiasm of class X students before using scrapbook media in learning English functional text material at Nganjuk 2 Public High School, 2) To analyze the enthusiasm of class X students after using scrapbook media in learning English functional text material at Nganjuk 2 Public High School, 3) To determine the effectiveness of scrapbooks in increasing student enthusiasm in learning English functional text material at Nganjuk 2 Public High School. The research design uses quantitative and this type of research uses pre-experimental with one-group pretest-posttest. This research was conducted at Nganjuk 2 Public High School in the 2022/2023 academic year, using a population of all class X students of Nganjuk 2 Public High School, the sample used by the author was class X-9, the treatment class consisted of 31 students. The sampling technique used purposive sampling. Collecting data in this study using a questionnaire test. The analytical technique used to analyze the data in this study is descriptive statistics, inferential statistics using the t-test. Based on test scores. Students get an average pre-test score of 75.935 and an average post-test score of 84.193. Based on the results of the analysis, it is known that the significant level is 5% for Df = 30, the value of tcount = 6.622 and ttable = 1.697, then tcount ttable which means Ha is accepted. So that "Scrapbooks are effective in increasing student interest in learning functional texts in class X SMA Negeri 2 Nganjuk in the 2022/2023 Academic Year".</p> Miftahul Khasanah, Henny Roesellaningtias, Caltira Rosiana Copyright (c) 2024 Miftahul Khasanah, Henny Roesellaningtias, Caltira Rosiana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/509 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0700 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECT, APPLY, REFLECT, EXTEND) BERBANTU APLIKASI DESMOS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT KELAS X SMK NU PACE https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/507 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) berbantu Aplikasi Desmos pada materi fungsi kuadrat kelas X SMK NU Pace tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji sample t-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t_hitung=5,65 dan t_tabel=2,005 dengan taraf signifikan = 5% dengan derajat kebebasan = 53 Kemudian keduanya dibandingkan dan dapat dilihat bahwa t_hitung=5,65&gt; t_tabel=2,005 sehingga h_o (hipotesis nol) ditolak dan h_a (hipotesis alternatif) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) berbantu Aplikasi Desmos pada materi fungsi kuadrat kelas X SMK NU Pace tahun pelajaran 2022/2023.</p> Rihandoko, Vera Septi Andrini, Agustin Patmaningrum Copyright (c) 2024 Rihandoko, Vera Septi Andrini, Agustin Patmaningrum https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/507 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0700 THE EFFECTIVENESS OF ELLEN’S TALKSHOW ON YOUTUBE TO IMPROVE CRITICAL LISTENING SKILL AT X ACCOUNTING 2 OF SMKN 2 NGANJUK https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/503 <p>The purpose of the study are to : To find out student’s critical listening skill before taught by using Ellen’s Talkshow on YouTube, to find out student’s critical listening skill after taught by using Ellen’s Ttalkshow on YouTube, to analyze the significant different on students’ critical listening skill before and after taught by using Ellen’s Talkshow on YouTube in the teaching listening. This research is Quasi- Experimental with one group pre – test, post – test. The research was done at SMKN 2 Nganjuk for the academic year of 2022/2023, by using population whole tenth grade, the sample used by the researcher is the class X Accounting 2, that consists of 36 students. The technique of sampling is using purposive sampling. The collecting data in this research by using test. The technique of analysis data used to analyze the data in this research is Mean, Median, Mode, standart deviastion and T – Test. The results of this study are consistent with the reseacher hypothesis that low student critical listening skills with the student's test scores before using the teen Ellen's talkshow on youtube show averaged 51 - the value of pre-test students is 51, with a high value of 75 and a low value of 25 student critical listening skills began increasing with the student's test scores after using Ellen's talk show on youtube showed the average - post value - test 86, With the highest score of 100 and the lowest score of 40 significant and visible differences through t-count 2.289, whereas t-table is 1,690, then t-count &gt; t-table, meaning ho is rejected and ha is accepted. So "There are significant differences before and after using the media Ellen's talk show on youtube to improve the critical listening skills at the tenth grade of SMKN 2 Nganjuk in the academic year of 2022/2023”.</p> Lorensa Dian Anggrain, Sujono, Wuri Cahyanti Copyright (c) 2024 Lorensa Dian Anggrain, Sujono, Wuri Cahyanti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/503 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH PERMAINAN MAKE A MATCH BERBASIS METODE CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI LIMBAH KELAS X DI SMK PGRI 2 NGANJUK https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/504 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui penerapan permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi limbah kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk. Penelitian ini merupakan Quasi experiment. peneliti menerima keadaan subjek seadanya. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes-postest control group design dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif uji-t diperoleh hasil t hitung 3,67 t table 1,527 (untuk taraf signifikan 5%) ho (hipotesis nol) ditolak dan ha (hipotesis alternatif) diterima. Hasil penelitian menunjukkan “adanya perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment dengan menggunakan media pembelajaran konvensional pada materi limbah kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/2023”. Hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment memperoleh nilai rata-rata Pre-test 69 dengan kategori kurang baik dan Post-test dengan nilai rata-rata 79 dengan kategori baik dari 29 siswa. Dari hasil penellitian diperoleh nilai t hitung 3,67 dan t tabel 1,527 dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan gabungan 56. Kemudian keduanya dibandingkan dan dapat dilihat bahwa t hitung 3,67 t table 1,527 sehingga ho (hipotesis nol) ditolak dan ha (hipotesis alternatif) diterima. Yang artinya hipotesis yang diajukan oleh peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi : “adanya perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran permainan make a match berbasis metode chemo-edutainment dengan menggunakan media pembelajaran konvensional.</p> Rizal Adi Setiawan Copyright (c) 2024 Rizal Adi Setiawan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/504 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0700 IMPLEMENTASI PROGRAM PENGAYAAN BAHASA INGGRIS UNTUK MAHASISWA EKONOMI DAN BISNIS: EVALUASI DAN DAMPAKNYA https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/519 <p>Penelitian ini mengevaluasi dampak program pengayaan bahasa Inggris terhadap mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri serta efektivitas implementasinya. Melalui survei terhadap 80 mahasiswa, ditemukan bahwa sebagian besar responden melaporkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berbahasa Inggris mereka setelah mengikuti program. Sebanyak 85% responden merasa bahwa program ini telah meningkatkan kemampuan berbahasa mereka secara nyata, sementara 90% merasa lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris di situasi akademik dan profesional. Selain itu, sebanyak 80% responden menyatakan bahwa program tersebut membantu mereka lebih siap untuk menghadapi dunia kerja, dengan peningkatan yang nyata dalam kemampuan komunikasi lisan dan tulisan. Analisis inferensial menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara partisipasi dalam program pengayaan dengan peningkatan keterampilan bahasa Inggris serta kesiapan kerja mahasiswa (p &lt; 0.05). Wawancara mendalam dengan 20 mahasiswa dan 2 dosen memberikan wawasan tambahan mengenai pengalaman peserta selama mengikuti program. Mayoritas mahasiswa menyoroti efektivitas metode pengajaran yang interaktif dan penggunaan materi yang relevan dengan bidang studi mereka dalam memahami dan menerapkan bahasa Inggris dalam konteks profesional. Namun, beberapa mahasiswa menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan beban akademik yang tinggi, yang kadang mengurangi fokus mereka dalam mengikuti program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program pengayaan bahasa Inggris memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan berbahasa dan kesiapan kerja mahasiswa Ekonomi dan Bisnis.</p> imam suhaimi, Futika Permatasari Copyright (c) 2024 imam suhaimi, Futika Permatasari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/519 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (KE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR (GB) SEBAGAI VARIABEL MODERASI https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/521 <p><strong>Abstrak</strong>—Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh kecerdasan emosional (KE) terhadap prestasi belajar matematika dengan gaya belajar (GB) sebagai variabel moderasi. Menggunakan metode kuantitatif dan desain analisis variansi (ANOVA), penelitian ini melibatkan 54 siswa kelas XI di SMK Al Huda, Kediri. Data dikumpulkan melalui kuesioner kecerdasan emosional dan gaya belajar, serta tes prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan tingkat kecerdasan emosional, namun tidak ada perbedaan signifikan berdasarkan gaya belajar. Interaksi antara kecerdasan emosional dan gaya belajar juga tidak mempengaruhi prestasi belajar matematika. Kesimpulannya, kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika, sementara gaya belajar tidak menunjukkan efek moderasi yang signifikan. Temuan ini menyarankan pentingnya memperhatikan kecerdasan emosional dalam proses pembelajaran serta mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>— kecerdasan emosional, prestasi belajar matematika, gaya belajar, variabel moderasi</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong>—This study explores the influence of emotional intelligence (EI) on mathematics learning achievement with learning styles (LS) as a moderating variable. Using quantitative methods and analysis of variance (ANOVA) design, the study involved 54 eleventh-grade students at SMK Al Huda, Kediri. Data were collected through questionnaires on emotional intelligence and learning styles, as well as mathematics achievement tests. The results indicate that there are differences in mathematics learning achievement based on levels of emotional intelligence, but no significant differences based on learning styles. The interaction between emotional intelligence and learning styles also does not affect mathematics learning achievement. In conclusion, emotional intelligence has a positive effect on mathematics learning achievement, while learning styles do not show a significant moderating effect. These findings suggest the importance of considering emotional intelligence in the learning process and taking into account internal and external factors that influence student achievement.</p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>—</em>&nbsp;emotional intelligence, mathematics learning achievement, learning styles, moderating variable</p> Muhamad Safa'udin, Lina Rihatul Hima Copyright (c) 2024 Muhamad Safa'udin, Lina Rihatul Hima https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/521 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KOMPETENSI GURU PPPK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SUKOMORO https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/506 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kompetensi guru PPPK terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro, Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru PPPK terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional yaitu penelitian yang mencari hubungan antar variabel. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara dan format-format dokumentasi. Dari hasil data yang diperoleh dapat di ketahui bahwa kompetensi guru PPPK tidak mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMAN 1 Sukomoro. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kompetensi guru PPPK adalah 72.66 dan skor rata-rata prestasi belajar siswa kelas X adalah 76. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai rhitung adalah 0.23 sedangkan rtabel 0.576. maka di ketahui rhitung lebih kecil dari rtabel atau 0.23 &lt; 0.576. jika rhitung lebih kecil dari rtabel maka tidak terdapat hubungan positif antara kompetensi guru PPPK terhadap prestasi belajar siswa kelas X. Dapat di lihat bahwa untuk n=12, taraf signifikan 5%, berada pada =0,576 dan taraf signifikan 1% berada pada =0.708, jadi ketentuan bila rhitung&lt; rtabel maka Ha ditolak, dengan demikian, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru PPPK dengan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Sukomoro.</p> Erlinda Yustin, Faizal Ansyori, Hanif Ramadhan Fahmi Putra Copyright (c) 2024 Erlinda Yustin https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/506 Fri, 05 Apr 2024 00:00:00 +0700