Upaya Meningkatkan Pembelajaran Matematika Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Agustin Patmaningrum
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v15i1.119Keywords:
Pembelajaran Matematika, Era Revolusi Industri 4.0Abstract
Pada era revolusi industri 4.0, dimana pekerjaan-pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia berpindah tangan ke mesin-mesin yang dikontrol komputer dan internet. Dalam pembelajaran matematika perlu adanya transformasi dari matematika yang dipelajari di kelas dengan matematika yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga diharapkan siswa dapat mentransformasikan matematika yang telah diterima di sekolah dengan kehidup sehari-hari yang sering dihadapi siswa. Siswa mampu mendaftar konsep-konsep matematika dengan masalah riil dan mampu menjelaskan konsep tersebut dalam bentuk aplikasi. Aktivitas pembelajaran matematika yang dirancang ini, dirasakan mampu memunculkan kemmapuan-kemampuan yang disebut sebagai 4C ability yang penting dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. yaitu critical thinking and problem solving, creative thiniking and innovation, communication, collaboration. Kemampuan tersebut terdapat dalam standar proses pembelajaran matematika. Dalam hal ini matematika mempunyai peranan yang strategis dalam membentuk sumber daya manusia seperti yang diharapkan dalam era revolusi industri 4.0.
Downloads
References
Ahmad, Intan. 2018. Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Seminar di Medan 17 Januari 2018.
Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ISSN 1412-565X Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia di www.nctm.org.
Sutarto, Hery. 2018. Lingkungan Dalam Pembelajaran Dan Pengajaran Matematika Yang Memunculkan 4c Abyility Sebagai Penyiapan Sdm Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018. P- ISSN: 2476-8898, E-ISSN: 2477-4812, Vol. 01, Oktober 2018
Warohidah, Rofifah, Annisa dan Kusuma, Badu, Anggun. 2019. Perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sendika: vol 5, No. 1 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 agustin patmaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0