Upaya Meningkatkan Pembelajaran Matematika Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Agustin Patmaningrum

Authors

  • agustin patmaningrum

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v15i1.119

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Era Revolusi Industri 4.0

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0, dimana pekerjaan-pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia berpindah tangan ke mesin-mesin yang dikontrol komputer dan internet. Dalam pembelajaran matematika perlu adanya transformasi dari matematika yang dipelajari di kelas dengan matematika yang ada dalam kehidupan sehari-hari.  Sehingga diharapkan siswa dapat mentransformasikan matematika yang telah diterima di sekolah dengan kehidup sehari-hari yang sering dihadapi siswa. Siswa mampu mendaftar konsep-konsep matematika dengan masalah riil dan mampu menjelaskan konsep tersebut dalam bentuk aplikasi. Aktivitas pembelajaran matematika yang dirancang ini, dirasakan mampu memunculkan kemmapuan-kemampuan yang disebut sebagai 4C ability yang penting dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. yaitu critical thinking and problem solving, creative thiniking and innovation, communication, collaboration. Kemampuan tersebut terdapat dalam standar proses pembelajaran matematika. Dalam hal ini matematika mempunyai peranan yang strategis dalam membentuk sumber daya manusia seperti yang diharapkan dalam era revolusi industri 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Intan. 2018. Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Seminar di Medan 17 Januari 2018.

Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ISSN 1412-565X Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia di www.nctm.org.

Sutarto, Hery. 2018. Lingkungan Dalam Pembelajaran Dan Pengajaran Matematika Yang Memunculkan 4c Abyility Sebagai Penyiapan Sdm Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018. P- ISSN: 2476-8898, E-ISSN: 2477-4812, Vol. 01, Oktober 2018

Warohidah, Rofifah, Annisa dan Kusuma, Badu, Anggun. 2019. Perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sendika: vol 5, No. 1 2019

https://www.kompasiana.com/yolandaamalia3944/5ceb9918aa3ccd733428cb7d/apakah-indonesia-sudah-memasuki-era-revolusi-industri-4-0

Published

2021-10-07

How to Cite

patmaningrum, agustin. (2021). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Matematika Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Agustin Patmaningrum. Dharma Pendidikan, 15(1), 122–128. https://doi.org/10.69866/dp.v15i1.119

Most read articles by the same author(s)