Pemanfaatan Kemampuan Metakognitif Dalam Upaya Peningkatan Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

Penulis

  • agustin patmaningrum

Kata Kunci:

Berpikir Kreatif, Matematika, Metakognitif

Abstrak

Matematika merupakan ilmu yang abstrak yang menghendaki siswa berpikir kritis, berpikir logis, berpikir sistematis, bersifat objektif, bersifat jujur dan bersifat disiplin dalam memandang dan menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir yang digunakan siswa adalah kemampuan berpikir kognitif atau dikenal dengan istilah kemampuan metakognitif. Kemampuan metakognitif merupakan suatu proses untuk mengenali apa yang ada di dalam diri individu.Dengan kemampuan metakognitif dapat memudahkan siswa dalam menyelesaikan masalah. Dalam pembelajaran matematika perlu dikembangkan metakognitifnya sehingga dapat meningkat proses berpikir kreatif siswa.

Referensi

Nuryana, Eka dan Sugiarto, Bambang. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Kelas X-1 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education. Vol.1 No. 1 pp 83-75 Mei 2012. ISSN: 2252-9454.

Danial, Muhammad. 2010. Pengaruh Strategi PBL terhadap Keterampilan Metakognitif dan Respon Mahasiswa. Jurnal Chemica Volume 11nomor. 2 Desember 2010. 1-10. Jurusan Kimia FMIPA UNM

Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education Inc.

Danial, M. 2010. Pengaruh Strategi PBL dan Kooperatif GI terhadap Metakognisi dan Penguasa dan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makasar. Disertasi tidak diternitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kusumaningtias, Anita. Zubaidah, siti dan Indriawati, Indah, Sri. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan, Bepikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan Tahun 23 Nomor 1 April 2013

Romli, Muhammad. Strategi Membangun Metakognisi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura Jl. Raya Panglegur Km. 3.5 – Pamekasan Madura.

Siswono, T.Y.E. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (IMPS). 10(1):1-9.

Lestyarini, Berniati. 2009.Pentingnya Kemampuan Metakognisi dalam Membaca Komprehensi Teks Berbagai Bidang Studi. Diakses dari http://beniatilestyarini@uny.ac.id.

Kuntjojo. 2009. Kemampuan Metakognisi dan Keberhasilan Belajar Peserta Didik. Diakses dari http://ebekunt.wordpress.com/2009/04/12/kemampuanmetakognisidan keberhasilanbelajar pesertadidik/.

Tralisno, Agung dan Syafmen, Wardi. Analisis Pengetahuan Metakognsi Siswa dengan Gaya Belajar Reflektif pada Pemecahan Masalah Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika P. MIPAFKIP Universitas Jambi. Email: wardisyafmen@yahoo.com.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

patmaningrum, agustin. (2021). Pemanfaatan Kemampuan Metakognitif Dalam Upaya Peningkatan Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Dharma Pendidikan, 14(1), 15-21. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/94