Analisis Kesulitan Mahasiswa Stkip Pgri Nganjuk Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Abstrak Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v13i2.58Keywords:
Aljabar Abstrak, Kemampuan Matematika, Kesulitan, Menyelesaikan SoalAbstract
Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi proses belajar yang mengalami hambatan-hambatan tertentu, seperti kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam memahami prinsip dan kesulitan dalam mengaplikasikan prinsip, sehingga siswa tersebut memperoleh prestasi belajar yang rendah atau dibawah rata-rata. Kesulitan belajar tersebut teletak pada penyelesaian soal. Penyelesaian soal merupakan inti dari pembelajaran matematika, bahkan dianggap bahwa isi ilmu pengetahuan hanyalah alat bagi penyelesaian soal yang aktif. Proses ini merupakan tindakan kreatif untuk mencoba mencapai sasaran khusus berdasarkan pada penemuan cara-cara baru dalam menggabungkan aturan-aturan yang ada (pengetahuan). Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Kesulitan Mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Abstrak berdasarkan perbedaan Kemampuan Matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, maka pendekatan penelitian ini memiliki ciri-ciri yang sama dengan penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian didapat bahwa kesulitan mahasiswa dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal Aljabar Abstrak, yaitu kesulitan dalam membuktikan syarat-syarat dari soal yang ditanyakan dalam bentuk umum. Sedangkan kesulitan mahasiswa dengan kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal Aljabar Abstrak, yaitu kesulitan dalam memahami soal, kesulitan dalam proses penyelesaian, kesulitan dalam pembuktian, dan kesulitan dalam menentukan kesimpulan akhir karena dalam penyelesaian soal Aljabar Abstrak tidak dapat diselesaikan dengan benar.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hudojo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional
Moleong, J.L. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, J.L. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Patmaningrum, Agustin. (2011). Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Pengajuan Soal Integral (Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Perbedaan Jenis Kelamin). Tesis PPS UNESA Tidak Diterbitkan.
Pehkonen, Ekki. 2008. Problem Solving in Mathematics Education in Finland. http://www.emis.de/proceedings/PME/RR/RR11907_pehkonen.pdf
Permen No 16. 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta
Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Syah, Muhibbin. (2012) .Psikolog Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 agustin patmaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0