Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Matematika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Sebagai Upaya Penguatan Karakter Dan Peningkatan Daya Saing Lulusan SMK

Penulis

  • Sherly Mayfana Panglipur Yekti
  • Reza Dimas Pravangasta Perdana STKIP PGRI Nganjuk

Kata Kunci:

Daya Saing, Karakter, Matematika, SMK, STEM

Abstrak

Sejalan dengan Rencana Induk Riset Nasional maka diperlukan adanyasuatu upaya percepatan dan peningkatan hasil, salah satunya di bidang sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkarakter dan berdaya saing tinggi dapat terwujud dengan pembelajaran yang efektif di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran di sekolah dapat efektif yaitu dengan pendidikan yang berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Pendidikan berbasis STEM tengah berkembang luas di dunia karena dinilai sangat efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa secara holistik. Model pendidikan STEM menumbuhkan rasa percaya diri siswa sehingga siswa termotivasi dalam penciptaan inovasi inovasi untuk kemajuan negara Indonesia. Masalah yang terjadi pada pembelajaran, utamanya matematika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah bahwa tujuan pendidikan matematika belum terintegrasi dengan tujuan program keahlian. Artinya terdapat ketidaksesuaian antara materi matematika yang diajarkan dengan materi matematika yang dibutuhkan dalam mendukung program keahlian yang ditekuni. Sehingga penting untuk dilakukan suatu pengembangan bahan ajar yang dapat mengintegrasikan antara pembelajaran matematika dengan tujuan program keahlian agar pembelajaran yang ada dapat berjalan efektif. Namun sebelum melakukan pengembangan, peneliti melakukan analisis kebutuhan pengembangan modul matematika berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada jenjang SMK. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMK NU Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2019-2020. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitianyang digunakan pada penelitian inimenggunakanmetodekualitatif. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen bantu berupa lembar observasi dan angket. Penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pengumpulan dan analisis data, serta tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan pembelajaran matematika di SMK NU Pace masih menggunakan metode ceramah dan diskusi, (2) bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran masih minim, dan belum efektif dalam menunjang kompetensi yang harus dipenuhi, (3) guru memerlukan suatu alternatif bahan ajar matematika yang dapat mengintegrasikan antara pembelajaran dengan tujuan program keahlian, (4) siswa menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran kurang membuat mereka paham dalam pembelajaran sehingga siswa mendukung apabila dikembangkan suatu bahan ajar matematika yang berbasis STEM.

Referensi

Nuraini, Latifah. 2015. Penalaran Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati dalam Pemecahan Masalah Matematika Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis. Program Pascasarjana UNS. Surakarta. (Unpublished).

NCTM. 2000. Principles and Standarts for School Mathematics. Reston: VA.

NCTM. 2000. Principles and Standarts for School Mathematics. Reston: VA.

Hodiyanto. 2016. Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX Dalam Mengerjakan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol.5, No.1.

Rosnawati. 2013. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta 18 Mei 2013.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015 Diagnosa Hasil Untuk Perbaikan Mutu dan Peningkatan Capaian. https://puspendik.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 29 Juni 2018

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Ruddock, G.J., O’Sullivan, C.Y., and Preuschoff, C. 2009. TIMSS 2011 Assessment Frameworks. Chestnut Hill: Boston College.

Suyatno, Edi. 2016. Tingkat Kognitif Soal Latihan Berdasarkan Taksonomi TIMSS pada Buku Teks Matematika SMP/ MTs Kelas VIII Kurikulum 2013 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Unpublished).

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press

Depdiknas. 2007. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Wikanengsih dkk. 2015. Analisis Rencana Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. Vol.2, No. 1. pp 106-119

Samo, M.A. 2009. Student’s perceptions about symbols, letters and signs in algebra and how these affect their learning of algebra: A case study in a government girls’ secondary school Karachi. Thesis. Pakistan: Aga Khan University.

Fauziah, Ulfa. 2017. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas X SMA Datuk Ribandang. Universitas Islam Alauddin Makassar

Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Lestari, Rini. 2017. Analisis Isi Buku Matematika Siswa SMP Kelas VIII Semester Ganjil Berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

Yekti, S. M. P., & Perdana, R. D. P. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Matematika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Sebagai Upaya Penguatan Karakter Dan Peningkatan Daya Saing Lulusan SMK. Dharma Pendidikan, 14(1), 56 - 67. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/105