Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Manyelesaikan Soal Identitas Trigonometri Pada Mahasiswa Semester I STKIP PGRI Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v13i1.85Keywords:
Analisis Kesalahan, Hierarki Ketrampilan, Penarikan KesimpulanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis letak kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah dalam identitas trigonometri. Subjek penelitian terdiri atas mahasiswa tinggi, empat mahasiswa kelompok sedang, dan tiga mahasiswa kelompok rendah. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pendekatan yang dipakai bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Langkah-langkah analisis menggunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.. Kesimpulan yand dapat diambil setelah analisis data adalah bahwa Kesalahan yang dialami mahasiswa berupa penyelesaian menggunakan cara menjabarkan masing-masing hubungan perbandingan trigonometri dimana berakibat perhitungan menjadi rumit. Rumitnya penyelesaian disebabkan antaralain ketidakmampuan mahasiswa menentukan hubungan antara rumus pada identitas trigonometri; kesalahan menuliskan tanda operasi matematika dan kesalahan menuliskan tanda operasi matematika dan kesalahan dalam melakukan operasi hitung bentuk aljabar, yang disebabkan mahasiswa kurang teliti saat melakukan perhitungan.
Downloads
References
Depdiknas. 2006. Kuriulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Huljannah, M. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson Di Kelas X Sma Al-Azhar Palu. Skripsi Prodi Pendidikan Matematika Universitas Tadulako: Tidak diterbitkan
Miles, M. B. dan Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press
Jingga, A. A., Mardiyana, dan Setiwan R. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri Pada Siswa Kelas X Semester 2 Sma Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Solo: UNS Press
Yulandari, T.I. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Trigonometri untuk Siswa SMA Kelas X dengan Metode Penemuan Terbimbing. Jurnal Online Universitas Negeri Malang [Online]. Vol.1, No.2, 10 halaman. Tersedia: http://jurnal-online.um.ac.id/article/ do/detail-article/1/31/935 [1 Agustus 2015]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Reza Dimas Pravangasta Perdana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0