Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Manyelesaikan Soal Identitas Trigonometri Pada Mahasiswa Semester I STKIP PGRI Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018

Penulis

  • Reza Dimas Pravangasta Perdana

Kata Kunci:

Analisis Kesalahan, Hierarki Ketrampilan, Penarikan Kesimpulan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis letak kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah dalam identitas trigonometri. Subjek penelitian  terdiri atas mahasiswa tinggi, empat mahasiswa kelompok sedang, dan tiga mahasiswa kelompok rendah. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pendekatan yang dipakai bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Langkah-langkah analisis menggunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.. Kesimpulan yand dapat diambil setelah analisis data adalah bahwa Kesalahan yang dialami mahasiswa berupa penyelesaian menggunakan cara menjabarkan masing-masing hubungan perbandingan trigonometri dimana berakibat perhitungan menjadi rumit. Rumitnya penyelesaian disebabkan antaralain ketidakmampuan mahasiswa menentukan hubungan antara rumus pada identitas trigonometri; kesalahan menuliskan tanda operasi matematika dan kesalahan menuliskan tanda operasi matematika dan kesalahan dalam melakukan operasi hitung bentuk aljabar, yang disebabkan mahasiswa kurang teliti saat melakukan perhitungan.

Referensi

Depdiknas. 2006. Kuriulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Huljannah, M. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson Di Kelas X Sma Al-Azhar Palu. Skripsi Prodi Pendidikan Matematika Universitas Tadulako: Tidak diterbitkan

Miles, M. B. dan Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press

Jingga, A. A., Mardiyana, dan Setiwan R. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri Pada Siswa Kelas X Semester 2 Sma Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Solo: UNS Press

Yulandari, T.I. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Trigonometri untuk Siswa SMA Kelas X dengan Metode Penemuan Terbimbing. Jurnal Online Universitas Negeri Malang [Online]. Vol.1, No.2, 10 halaman. Tersedia: http://jurnal-online.um.ac.id/article/ do/detail-article/1/31/935 [1 Agustus 2015]

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-05

Cara Mengutip

Perdana, R. D. P. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Manyelesaikan Soal Identitas Trigonometri Pada Mahasiswa Semester I STKIP PGRI Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018. Dharma Pendidikan, 13(1), 68-76. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/85