Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Taksonomi Trends In International Mathematics And Science Study (Timss) Sebagai Upaya Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Bidang Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v13i2.82Keywords:
Aljabar, Lembar Kerja Siswa, Penalaran Matematis, TIMSSAbstract
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa yang dikembangkan menggunakan taksonomi TIMSS pada materi aljabar. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan mengadopsi 8 dari 10 tahapan yang ada. Uji coba akan dilakukan kepada beberapa responden yang terdiri dari ahli materi, ahli bahan ajar, dan para siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran matematika di SMPN 1 Ngronggot masih menggunakan metode ceramah dan diskusi, sementara bahan ajar yang digunakan belum melatih siswa menggunakan penalaran matematisnya. (2) Guru memerlukan suatu bahan ajar yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah. (3) 82,8% siswa merasa kesulitan pada materi aljabar dan 84,4% siswa menyatakan bahwa LKS yang ada kurang membuat mereka paham dalam pembelajaran sehingga siswa mendukung pengembangan LKS berbasis taksonomi TIMSS. (4) Pembelajaran matematika pada materi aljabar dengan menggunakan LKS berbasis taksonomi TIMSS efektif dalam meningkatkan penalaran matematis siswa.
Downloads
References
Ani Minarni. 2010. Peran Penalaran Matematik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta: 27 November 2010.
Borg, W.R., Gall, M., & Gall, J.P. 2003. Educational Research: An Introduction Seventh Edition. New York: Longman.
Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
English, L. D. 2004. Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners. New Jersey: Lawrence. Erl Baum Associates.
Fauziah, Ulfa. 2017. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas X SMA Datuk Ribandang. Universitas Islam Alauddin Makassar
Gunhan, B.C. 2014. A Case Study on the Investigation of Reasoning Skills in Geometry. South African Journal of Education. Vol. 34, No.2, pp. 1-19
Koc, Y., Osmanoglu, A., and Isiksal, M. 2010. A Study on Investigating 8th Grade Student’s Reasoning Skills on Measurement: The Case of Cylinder. Education and Science. Vol. 35, No.156, pp. 61-69
Komariyah, S., Deswita, H., Areat. 2016. Pengembangan Lembar Kerja (LKS) Matematika Berbasis Masalah untuk Kelas VII SMP pada Materi Himpunan. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pengaraian. Vol. 2, no. 1, pp. 1-8
Latifah Nuraini. 2015. Penalaran Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati dalam Pemecahan Masalah Matematika Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis. Program Pascasarjana UNS. Surakarta. (Unpublished).
Lestari, Rini. 2017. Analisis Isi Buku Matematika Siswa SMP Kelas VIII Semester Ganjil Berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Linggar Galih Mahanani. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis TIMSS pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika UMS. Surakarta.
Loong, E., Vale, C., Bragg, L., and Herbert, S. 2014. Primary School Teacher’s Perceptions of Mathematical Reasoning. Proceedings of the Thirty Seventh Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia (pp. 466-472). Melbourne: MERGA.
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mullis, I.V.S. and Martin, M.O. 2013. TIMSS 2015 Assessment Frameworks. Chestnut Hills: Boston College.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., 2008. TIMSS 2008 International Mathematics Report. Chestnut Hill: Boston College.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., and Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Chestnut Hill: Boston College.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Gonzalez, E.J., and Chrostowski, S.J. 2004. TIMSS 2003 International Mathematics Report. Chestnut Hill: Boston College
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Gonzalez, E.J., Gregory, K.D., Garden, R.A., O’Connor, K.M., Chrostowski, S.J., and Smith, T.A. 2000. TIMSS 1999 International Mathematics Report. Chestnut Hill: Boston College.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Ruddock, G.J., O’Sullivan, C.Y., and Preuschoff, C. 2009. TIMSS 2011 Assessment Frameworks. Chestnut Hill: Boston College.
NCTM. 2000. Principles and Standarts for School Mathematics. Reston: VA.
NCTM. 2009. Focus in High School Mathematics Reasoning and Sense Making. Reston: VA.
NRICH Primary Team. 2014. Reasoning: the Journey from Novice to Expert. University of Cambridge.
Onyekuru, B.U. 2015. Field Dependence-Field Independence Cognitive Style, Gender, Career Choice and Academic Achievement of Secondary School Students in Emohua Local Government Area of Rivers State. Journal of Education and Practice. Vol. 6, No. 10, pp. 76-85
Putra, H.D., Herman, T., & Sumarmo, U. 2017. Development of Student Worksheets to Improve the Ability of Mathematical Problem Posing. International Journal on Emerging Mathematics Education. Vol. 1, no. 1, pp. 1-10
Rosnawati. 2013. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta 18 Mei 2013.
Taslidere, E. 2013. The Effect of Concept Cartoon Worksheets on Student’s Conceptual Understandings of Geometrical Optics. Education and Science. Vol. 38, No.167, pp. 144-161
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progressif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Watson, A. 2007. Key Understanding in Mathematics Learning Paper 6: Algebraic Reasoning. Nuffield Foundation
Wikanengsih dkk. 2015. Analisis Rencana Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. Vol.2, No. 1. pp 106-119
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sherly Mayfana Panglipur Yekti, Reza Dimas Pravangasta Perdana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0