Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Vektor Di STKIP PGRI Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v15i1.123Keywords:
Kooperatif, NHT, PTK, VektorAbstract
Mata kuliah vector memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep vector baik dalam bidang maupun dalam ruang. Tujuan penelitan ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar pada materi vektor melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V prodi Pendidikan Matematika di STKIP PGRI Nganjuk. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas, dimana dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat memperbaiki mutu proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi vector di STKIP PGRI Nganjuk.
Downloads
References
AINI, A. Z. (2015). Eksperimen Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Disertai AfL (Assesment For Learning) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa SMP Negeri Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta
Budiyono. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Haydon, T. Maheady, L. & Hunter, W. 2010. Effect of Numbered Heads Together on the Daily Quiz Scores And On-Task Behavior of Students With Disabilities. Journal Behaviour Education. Vol 19, N0. 1: 222-238.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: What Makes Groups-Work Work?.. University Of York And Johns Hopkins University. The Nature of Learning. Chapter 7.
Zuhrotul‘Aini, A., & Saputro, D. R. S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Heads Together) Dengan Assesment for Learning (Afl) Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa Sekolah Menengah Pertama Se-kabupaten Tulungagung. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Addin Zuhrotul Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0