Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Vektor Di STKIP PGRI Nganjuk

Authors

  • Addin Zuhrotul Aini STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v15i1.123

Keywords:

Kooperatif, NHT, PTK, Vektor

Abstract

Mata kuliah vector memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep vector baik dalam bidang maupun dalam ruang. Tujuan penelitan ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar pada materi vektor melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V prodi Pendidikan Matematika di STKIP PGRI Nganjuk. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas, dimana dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat memperbaiki mutu proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi vector di STKIP PGRI Nganjuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AINI, A. Z. (2015). Eksperimen Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Disertai AfL (Assesment For Learning) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa SMP Negeri Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta

Budiyono. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Haydon, T. Maheady, L. & Hunter, W. 2010. Effect of Numbered Heads Together on the Daily Quiz Scores And On-Task Behavior of Students With Disabilities. Journal Behaviour Education. Vol 19, N0. 1: 222-238.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: What Makes Groups-Work Work?.. University Of York And Johns Hopkins University. The Nature of Learning. Chapter 7.

Zuhrotul‘Aini, A., & Saputro, D. R. S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Heads Together) Dengan Assesment for Learning (Afl) Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa Sekolah Menengah Pertama Se-kabupaten Tulungagung. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(1).

Published

2021-10-07

How to Cite

Aini, A. Z. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Vektor Di STKIP PGRI Nganjuk. Dharma Pendidikan, 15(1), 112–121. https://doi.org/10.69866/dp.v15i1.123