Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Analisa Vektor Di STKIP PGRI Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v12i1.28Keywords:
Analisa vektor, Kesalahan MahasiswaAbstract
Analisis kesalahan perlu dilakukan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang banyak dilakukan oleh mahasiswa dan untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan tersebut terjadi. Sehingga dengan diketahui faktor penyebab kesalahan tersebut dosen dapat memberikan jenis bantuan yang seperti apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Dengan adanya bantuan yang dilakukan oleh dosen, diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa kususnya dalam materi analisa vektor. Mata kuliah analisa vektor dipelajari pada semester V . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga mahasiswa program studi pendidikan matematika yang sedang menempuh mata kuliah analisa vektor. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama, tes tertulis dan pedoman wawancara. Validasi data yang digunakan merupakan triangulasi data.
Downloads
References
Abidin, Zaenal. Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1. Jurnal Ilmiah Didaktika. Agustus 2012. Vol. XIII. No.1,
Arif Kusumastuti. 2008. Analisis Vektor Kajian Teori dengan Pendekatan Al-Qur’an. Malang. UIN-Malang Press.
Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Lexy Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Najiyah Farihatun. 2000. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Logaritma di Kelas III A SLTP Nusantara Gresik. Skripsi. UNESA
Nana Syaodih Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Spiegel, Murray R. 1985. Analisis Vektor. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandumg: Alfabeta.
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Ju-rusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.
Rizzal, M. 2011. Proses Berpikir Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi da-lam Melakukan Estimasi Masalah Berhi-tung. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, 14 Mei.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Addin Zuhrotul Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0