Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Analisa Vektor Di STKIP PGRI Nganjuk

Penulis

  • Addin Zuhrotul Aini STKIP PGRI Nganjuk

Kata Kunci:

Analisa vektor, Kesalahan Mahasiswa

Abstrak

Analisis kesalahan perlu dilakukan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang banyak dilakukan oleh mahasiswa dan untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan tersebut terjadi. Sehingga dengan diketahui faktor penyebab kesalahan tersebut dosen dapat memberikan jenis bantuan yang seperti apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Dengan adanya bantuan yang dilakukan oleh dosen, diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa kususnya dalam materi analisa vektor. Mata kuliah analisa vektor dipelajari pada semester V . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga mahasiswa program studi pendidikan matematika yang sedang menempuh mata kuliah analisa vektor. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama, tes tertulis dan pedoman wawancara. Validasi data yang digunakan merupakan triangulasi data.

Referensi

Abidin, Zaenal. Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1. Jurnal Ilmiah Didaktika. Agustus 2012. Vol. XIII. No.1,

Arif Kusumastuti. 2008. Analisis Vektor Kajian Teori dengan Pendekatan Al-Qur’an. Malang. UIN-Malang Press.

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Lexy Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Najiyah Farihatun. 2000. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Logaritma di Kelas III A SLTP Nusantara Gresik. Skripsi. UNESA

Nana Syaodih Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Spiegel, Murray R. 1985. Analisis Vektor. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandumg: Alfabeta.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Ju-rusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Rizzal, M. 2011. Proses Berpikir Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi da-lam Melakukan Estimasi Masalah Berhi-tung. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, 14 Mei.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-05

Cara Mengutip

Aini, A. Z. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Analisa Vektor Di STKIP PGRI Nganjuk . Dharma Pendidikan, 12(1), 34 - 46. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/28