Ananlisis Pengembangan Digital Library Untuk Meningkatkan Minat Baca

Penulis

  • Addin Zuhrotul Aini STKIP PGRI Nganjuk
  • Rihandoko Rihandoko STKIP PGRI Nganjuk
  • Sapna Safitri STKIP PGRI Nganjuk
  • Enggar Purna Miratania

Kata Kunci:

Analisis, Digital Library, Minat Baca

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui ketersediaan bahan bacaan yang digunakan di SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk; (2) untuk mengetahui kesiapan menggunakan digital library.  Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk. Validasi data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Metode pengumpulan data  menggunakan kuosioner dan wawancara. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ketersediaan bahan bacaan di perpustakaan SMK Muhammadiyah 2 Nganjuk masih kurang;(2) siswa tertarik dan siap mengguanakn digital library.

Referensi

Akhmad Syaikhu dan Zakiah Muhajan. 2010. Perpustakaan mobile (m-libraries). Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian.

Kustandi,Cecep & Robinson Situmorang. 2013. Pengembangan Digital Library Sebagai Sumber Belajar. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, FIP Universitas Negeri Jakarta.

Lasa Hs. 1998. Pengertian Perpustakaan. Perpustakaan Universitas Gajah Mada.

Permatasari, Ane. 2015. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

Aini, A. Z., Rihandoko, R., Safitri, S., & Miratania, E. P. (2021). Ananlisis Pengembangan Digital Library Untuk Meningkatkan Minat Baca. Dharma Pendidikan, 14(1), 119 - 128. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/128