MENINGKATKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI PENDIDIKAN EKONOMI

Authors

  • Hariyono Hariyono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suharto Universitas PGRI Mpu Sindok
  • Umi Hidayati Universitas PGRI Mpu Sindok

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.566

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas model Project-Based Learning (PjBL) dan Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan semangat kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Dengan desain kuasi-eksperimental, penelitian melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran inovatif, dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen berupa kuesioner kewirausahaan mencakup lima dimensi: kreativitas, keberanian mengambil risiko, inisiatif, ketekunan, dan orientasi sosial. Hasil menunjukkan peningkatan skor lebih tinggi pada kelompok eksperimen (dari 65,47 menjadi 82,93) dibanding kelompok kontrol (dari 64,85 menjadi 70,44). Uji-t independen menunjukkan perbedaan signifikan (t(58) = 7,894; p < 0,001). Temuan menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran inovatif memperkuat karakter kewirausahaan mahasiswa, khususnya pada aspek kreativitas dan orientasi sosial. Penelitian ini merekomendasikan integrasi pembelajaran berbasis nilai dan kontekstual dalam pendidikan ekonomi guna membentuk lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki semangat kewirausahaan yang humanistik dan berorientasi pada keberlanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Coutts, E. (2020). Problem-based learning in introductory thermodynamics and fluid mechanics. https://doi.org/10.35199/EPDE.2020.74

Halim, D. A., Karyanto, P., & Sarwono. (2019). Education for sustainable development: Student’s biophilia and the Emome model as an alternative efforts of enhancement in the perspectives of education. 2194, 20037. https://doi.org/10.1063/1.5139769

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPS terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 460–468. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.620

Koß, D. (2022). Pengaruh pendidikan tradisional terhadap pembentukan karakter anak toraja. https://doi.org/10.31219/osf.io/hx7wy

Mashar, R. (2015). Empati Sebagai Dasar Pembentukan KarakterAnak Usia Dini. Journal of Production Agriculture, 2(2). https://doi.org/10.21831/JPA.V2I2.3040

Museliza, V., Rimet, R., & Suryadi, N. (2023). Literasi Membangun Jiwa Kewirausahaan, Kreatif dan Inovatif di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. https://doi.org/10.57152/batik.v1i1.701

Repnikova, V. M., Garnov, A., & Bykova, O. N. (2021). On the paradigm of modern education. 9(4), 30–37. https://doi.org/10.12737/2306-627X-2020-30-37

Saad, M. (2023). COVID-19, uncertainty and acceleration of innovation. International Journal of Technology Management and Sustainable Development, 22(1), 3–6. https://doi.org/10.1386/tmsd_00070_2

Semmar, Y., & Al-Thani, T. (2015). Piagetian and Vygotskian Approaches to Cognitive Development in the Kindergarten Classroom. Journal of Educational and Developmental Psychology, 5(2), 1. https://doi.org/10.5539/JEDP.V5N2P1

Sovhira, S., & Braslavska, O. V. (2022). Education for sustainable development as the basis for forming the ecological culture of future specialists. Збірник Наукових Праць Уманського Державного Педагогічного Університету Імені Павла Тичини, 4, 13–23. https://doi.org/10.31499/2307-4906.4.2022.269289

Sucipto, S. (2024). Tantangan dan peluang implementasi pembelajaran berbasis teknologi di era digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 902–916. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.4192

Vaslavskaya, I. Y., Bilyalova, A., & Tarasova, A. N. (2019). Economic education: the role of the state in national economic system. 8(4). https://doi.org/10.22478/UFPB.2179-7137.2019V8N4.48381

Yang, X., Liao, S., Liao, S., & Li, R. (2021). The evolution of new ventures’ behavioral strategies and the role played by governments in the green entrepreneurship context: an evolutionary game theory perspective. Environmental Science and Pollution Research, 28(24), 31479–31496. https://doi.org/10.1007/S11356-021-12748-6

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Hariyono, H., Suharto, & Umi Hidayati. (2025). MENINGKATKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI PENDIDIKAN EKONOMI. Dharma Pendidikan, 20(1), 100–112. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.566

Most read articles by the same author(s)