MENINGKATKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI PENDIDIKAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.566Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas model Project-Based Learning (PjBL) dan Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan semangat kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Dengan desain kuasi-eksperimental, penelitian melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran inovatif, dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen berupa kuesioner kewirausahaan mencakup lima dimensi: kreativitas, keberanian mengambil risiko, inisiatif, ketekunan, dan orientasi sosial. Hasil menunjukkan peningkatan skor lebih tinggi pada kelompok eksperimen (dari 65,47 menjadi 82,93) dibanding kelompok kontrol (dari 64,85 menjadi 70,44). Uji-t independen menunjukkan perbedaan signifikan (t(58) = 7,894; p < 0,001). Temuan menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran inovatif memperkuat karakter kewirausahaan mahasiswa, khususnya pada aspek kreativitas dan orientasi sosial. Penelitian ini merekomendasikan integrasi pembelajaran berbasis nilai dan kontekstual dalam pendidikan ekonomi guna membentuk lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki semangat kewirausahaan yang humanistik dan berorientasi pada keberlanjutan.
Downloads
References
Coutts, E. (2020). Problem-based learning in introductory thermodynamics and fluid mechanics. https://doi.org/10.35199/EPDE.2020.74
Halim, D. A., Karyanto, P., & Sarwono. (2019). Education for sustainable development: Student’s biophilia and the Emome model as an alternative efforts of enhancement in the perspectives of education. 2194, 20037. https://doi.org/10.1063/1.5139769
Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPS terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 460–468. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.620
Koß, D. (2022). Pengaruh pendidikan tradisional terhadap pembentukan karakter anak toraja. https://doi.org/10.31219/osf.io/hx7wy
Mashar, R. (2015). Empati Sebagai Dasar Pembentukan KarakterAnak Usia Dini. Journal of Production Agriculture, 2(2). https://doi.org/10.21831/JPA.V2I2.3040
Museliza, V., Rimet, R., & Suryadi, N. (2023). Literasi Membangun Jiwa Kewirausahaan, Kreatif dan Inovatif di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. https://doi.org/10.57152/batik.v1i1.701
Repnikova, V. M., Garnov, A., & Bykova, O. N. (2021). On the paradigm of modern education. 9(4), 30–37. https://doi.org/10.12737/2306-627X-2020-30-37
Saad, M. (2023). COVID-19, uncertainty and acceleration of innovation. International Journal of Technology Management and Sustainable Development, 22(1), 3–6. https://doi.org/10.1386/tmsd_00070_2
Semmar, Y., & Al-Thani, T. (2015). Piagetian and Vygotskian Approaches to Cognitive Development in the Kindergarten Classroom. Journal of Educational and Developmental Psychology, 5(2), 1. https://doi.org/10.5539/JEDP.V5N2P1
Sovhira, S., & Braslavska, O. V. (2022). Education for sustainable development as the basis for forming the ecological culture of future specialists. Збірник Наукових Праць Уманського Державного Педагогічного Університету Імені Павла Тичини, 4, 13–23. https://doi.org/10.31499/2307-4906.4.2022.269289
Sucipto, S. (2024). Tantangan dan peluang implementasi pembelajaran berbasis teknologi di era digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 902–916. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.4192
Vaslavskaya, I. Y., Bilyalova, A., & Tarasova, A. N. (2019). Economic education: the role of the state in national economic system. 8(4). https://doi.org/10.22478/UFPB.2179-7137.2019V8N4.48381
Yang, X., Liao, S., Liao, S., & Li, R. (2021). The evolution of new ventures’ behavioral strategies and the role played by governments in the green entrepreneurship context: an evolutionary game theory perspective. Environmental Science and Pollution Research, 28(24), 31479–31496. https://doi.org/10.1007/S11356-021-12748-6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hariyono Hariyono, Suharto, Umi Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0