The Effectiveness Of Minimal Pairs Technique To Improve Students’ Accuracy In Pronunciation Skills For Junior High School Students At SMPN 1 Lengkong In The Academic Year 2020/2021

Authors

  • Ajeng Zazabilla
  • Sujono Sujono STKIP PGRI Nganjuk
  • Hariyono Hariyono STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v16i2.170

Keywords:

Minimal Pair, Keakuratan, Kemampuan Pelafalan Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pencapaian ketepatan siswa dalam
keterampilan pengucapan sebelum menggunakan Minimal Pair sebagai teknik dalam proses belajar
mengajar. (2) Untuk mengetahui pencapaian ketepatan siswa dalam keterampilan pengucapan
setelah menggunakan Minimal Pair sebagai teknik dalam proses belajar mengajar. (3) Untuk
mengetahui keefektifan yang signifikan sebelum dan sesudah diajar menggunakan teknik Minimal
Pair untuk meningkatkan ketepatan keterampilan pengucapan siswa dalam proses belajar mengajar
di SMPN 1 Lengkong tahun pelajaran 2020/2021. Metodologi penelitian ini adalah QuasiExperimental Design dengan The one group pre-test and post-test. Penelitian ini sudah dilaksanakan
di SMPN 1 Lengkong tahun akademik 2020/2021 dengan populasi seluruh siswa kelas satu
berjumlah 227 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VII-1 yang
terdiri dari 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability
sampling. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis statistik
inferensial menggunakan uji t dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil tes, siswa menunjukkan nilai rata
– rata pre-tes 41, 25 dan post-tes 70,156. Berdasarkan hasil ttes, ttabel untuk db 5% adalah 1,696 dan
nilai thitung adalah 20,424. Sehingga, thitung > ttabel maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.
Selain itu, tes N-Gain menunjukkan rata-rata gain score pada kelas ini termasuk dalam kategori
tinggi dengan hasil sebesar 1,115. Sehingga “Terdapat Keefektifan Yang Signifikan Sebelum dan
Setelah Diajar Menggunakan Teknik Minimal Pair Terhadap Ketepatan Pelafalan Siswa Pada Siswa
SMPN 1 Lengkong Tahun Ajaran 2020/2021.”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gerald Kelly. (2007). How to teach Pronunciation. England: Pearson Education

Limited.

Marianne Celce-Murcia, et. al. (2009). Teaching Pronunciation: a Reference for

Teachers of English to Speakers of Other Language., Cambridge : Cambridge

University Press.

Pusat Kurikulum. Balitbang Depdiknas. (2003) Standard Kompetensi Mata

Pelajaran Bahasa Inggris SMP. Jakarta.

Peter Avery and Susan Ehrlich. (2009). Teaching American English Pronunciation.

Oxford: Oxford University Press, Second Edition.

Linda yates. (2002). Fact Sheets-What is pronunciation?, Sydney: AMEP Research

Centre.

Richard, J.C. and Rogers, T.S.(1986) . Approach and Methods in Language

Teaching. Cambridge, UK : Cambridge Universitu Press.

A. S. Hornby. (2003). Oxfords Advanced Learner’s Dictionary. New York:

Oxford University Press.

Creswell, W. John. (2012). Educational Research Fourth Edition : Planniing,

Conducting And Evaluating Quantitative And Qualitative Research. Univercity

Of Nebraska.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Marriane Celce –Murcia, Donna M. Brinton, Janet M. Godwin. (1996). Teaching

Pronunciation: A Reference for Teachers of English to Speakers of Other

Language, New York: Cambridge University Press.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian-Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald and friends. (2006). Introduction to Research in Education. USA:

Wadsworth, Cengage learning.

Sugiyono. (2007). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ary, Donald et. al. (2010). Introduction to Research in Education:Eight Edition.

Canada: Nelson Education, Ltd.

Ary, Donald et. al. (2002). Introduction to Research Education. Noterm :Illiois.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, John W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and

Evaluating Quantitative and Qualitative Research (3th Ed). USA: Pearson

Education, Inc.

Djiwandono, M. Soenardi. (1996). Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung : ITB

Bandung.

Hasanah Nurul Uswatun. (2019). Pronunciation Error in Minimal - Pair Words

Committed by Junior High School Student In Waru Sidoarjo. Surabaya. UIN Sunan

Ampel Surabaya.

Tuan Luu Trong. (2010). Teaching English Discrete Sounds through Minimal

Pairs. Vietnam. National University of Ho Chi Minh City.

Altamimi Ali K. . (2015). Improving English pronunciation among Arabic EFL

school-age students using minimal pairs. Fredonia, New York . State University of

New York at Fredonia.

Nuraeni Eni. (2015). The Effectiveness of Minimal Pairs Towards Students’ English

Pronunciation (A Pre-Experimental Study At The Seventh Grade Of Smp

Muhammadiyah 17 Ciputat). Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Jakarta.

Nur Isna, Indah Fadhilah Rahman. (2018). The Use of Minimal Pair Technique in

Teaching Pronunciation at the Second Year Students of SMAN 4 Bantimurung.

Makassar. UIN Alauddin Makassar.

Published

2022-01-17

How to Cite

Zazabilla, A., Sujono, S., & Hariyono, H. (2022). The Effectiveness Of Minimal Pairs Technique To Improve Students’ Accuracy In Pronunciation Skills For Junior High School Students At SMPN 1 Lengkong In The Academic Year 2020/2021. Dharma Pendidikan, 16(2), 1–14. https://doi.org/10.69866/dp.v16i2.170

Most read articles by the same author(s)