Pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual REACT berbantu media baamboozle terhadap hasil belajar siswa

Authors

  • Prisa Amanda STKIP PGRI Nganjuk
  • Hariyono Hariyono stkip pgri nganjuk
  • Suharto Suharto stkip pgri nganjuk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dibanding dengan model pembelajaran kontekstual REACT Berbantu Media Baamboozle. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Rejoso sebanyak 9 kelas. Diambil 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Rejoso, nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 67,83 dan post-test 82, nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 63,58 dan post-test 89,50. Dengan nilai thitung diperoleh sebesar 8,65 sedangkan ttabel sebesar 1,994. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dibanding dengan model pembelajaran kontekstual REACT Berbantu Media Baamboozle karena nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel.

Kata Kunci : Model pembelajaran kontekstual REACT, Media Baamboozle, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdavya, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran REACT Berbantu Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Rantau Peureulak.

Andi Ibrahim, asrul Haq Alang, Madi, Baharuddin, Muhammad Aswar Ahmad, D. (2018). Metodologi Penelitian.

Arikunto Suharsimi. (2010). Buku-Suharsimi-Arikunto (p. 413).

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Destyani, F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran REACT Dengan Menggunakan Strategi Hands-On Activity Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.

Fathiyah, I. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar berpikir tingkat tinggi mata pelajaran fiqih MAN 2 Situbondo tahun pelajaran 2021/2022. Skripsi, 29–32.

Fitria, K. (2022). pengaruh penerapan model pembelajaran react terhadap hasil belajar siswa tema 4 subtema 3 kelas 6 sd negeri 10 sunai sapih kuranji.

Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Mariani, S. D., Larasati, D. A., & Sukma Perdana Prasetya Stiawan, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa. 2(2), 206–216.

Marlina, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor.

May, B., L. Tobing, D. U. A., Ritonga, N. S., Jamaludin, J., & Yunita, S. (2024). Strategi Pembelajaran Kreativitas Media Bamboozle Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1504

Murti, M., Jais, M., & Rahim, F. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Game Based Learning (Baamboozle) Sebagai Media Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 40 Bulukumba. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 132–141.

Nufus, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Singli.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Sulaeman, D., Kusumah, Y. S., & Wahyuningrum, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran React Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Dan Minat Belajar Ditinjau Dari Level IQ. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 130–142. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.8704

Tsurayya, N. A. (2023). Pemanfaatan Media Interaktif Baamboozle pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dinamika, 6(2), 81. https://doi.org/10.35194/jd.v6i2.3343

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Amanda, P., Hariyono, H., & Suharto, S. (2024). Pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual REACT berbantu media baamboozle terhadap hasil belajar siswa . Dharma Pendidikan, 19(2). Retrieved from https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/535