Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Project Citizen Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII SMP 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v17i2.201Keywords:
model pembelajaran, kontekstual, project citizen, minat belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual project citizen pada mata pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso, 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kontekstual project citizen pada mata pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso, 3) Untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh model pembelajaran kontekstual project citizen terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas VIII SMP 1 Negeri Rejoso. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen yang berbentuk one group pre-test post-tes design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan peneliti yaitu kelas VIII-B sejumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik t-test. Minat belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual project citizen mempunyai nilai rata-rata 69,84. Minat belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kontekstual project citizen mempunyai nilai rata-rata 86,79. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Db = 32 nilai ttabel = 1,696 dan thitung = 5,16, maka thitung > ttabel yang bearti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual project citizen terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso”.
Downloads
References
Andrini, Vera Septi. 2021. Efektifitas Model Pembelajaran Team Quiz Menggunakan Media Zoom Meting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran,15(1), 89-94. DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.9014
Azizah, B. (2020). Pengaruh Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas Xii Man 1 Gresik. Journal of Chemical Information and Modeling, November.
Asriani. 2017. Pelatihan Pendekatan Value Clarification Technique Model Matriks dalam Pembelajaran PKn-IPS bagi Guru SD Kecamatan Talawi Sawhluto. Pedagogi. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Hidayati, Umi. 2021. Optimalisasi Pembelajaran Ekonomi Bisnis Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mahasiswa. Dharma Pendidikan.
Husna, Khaliqul. 2021. Pengaruh Penggunan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Skripsi thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Luqman. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. SD Sabilillah Malang DOI: https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p044
Retta, L. M. (2021). Artikel: Upaya Komunitas dalam Penguatan Karakter Warga Negara. Jurnal Dharma Pendidikan, STKIP PGRI Nganjuk, 16(1), 38-51.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suharto. 2021. Efektifitas Pembelajaran E-Marketing Terhadap Skill Entrepreneurship Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Sosial, 8 (2), 207-214 DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v8i2.2950
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Peneliltian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Suparman. 2018. Konsep Belajar Contextual Teaching And Learning Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Project Citizen. Laboratorium PPKn FKIP UNS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Luluk Wahyuni, Suharto Suharto, Umi Hidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0