Penerapan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establih and Apply) terhadap hasil belajar Siswa pada materi statistika kelas X SMK Kosgoro

Authors

  • Putri Setya Yulianingsih STKIP PGRI Nganjuk
  • Vera Septi Andrini STKIP PGRI Nganjuk
  • Umi Hidayati STKIP PGRI Nganjuk

Abstract

Pembelajaran Matematika masih menggunakan model konvensional sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa  antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) pada materi statistika kelas X SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2023/2024. Menggunakan penelitian true eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan dua kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa X SMK Kosgoro Nganjuk sejumlah 149 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah Kelas X AKL 1 sebagai kelas kontrol sejumlah 19 siswa dan Kelas X AKL 2 sebagai kelas eksperimen sejumlah 16 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji sample t-test. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t dan diperoleh thitung = 5,620 dan ttabel = 2,035 pada dk = 33 dan taraf signifikansi 5% atau 0,05 sehingga thitung = 5,620> ttabel = 2,035. Dengan demikian Hα diterima dan Ho ditolak.  Artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) pada materi statistika kelas X SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci :  Model Pembelajaran IDEA; Hasil Belajar, Statistik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, W., Mulyanto, A., Tuloli, M. S., & Bau, R. T. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran IDEA Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Operasi Aritmatika dan Logika. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(1), 26-34. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted/article/view/17426

Andrini, V. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Team Quiz Menggunakan Media Zoom Meting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 89-94. http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/9014

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48-54. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2293

Hidayah, N. (2022). Pandangan terhadap problematika rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6593-6601. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9183

Hsb, R. H. (2021). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi peluang di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan). http://etd.uinsyahada.ac.id/7205/

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di smk negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6. https://jom.untidar.ac.id/index.php/mathlocus/article/view/892

OKTAVIANI, K. E., SETIAWAN, Y. E., & SYAIFUDDIN, S. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN IDEA (ISSUE, DISCUSSION, ESTABLISH, AND APPLY) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 18(19), 1-10. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/21642

Patmaningrum, A. (2019). ARTIKEL: PEMANFAATAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DALAM UPAYA PENINGKATAN PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Dharma Pendidikan, 14(1), 15-21. http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/670

Setiawan, Y. E., & Mustangin, M. (2020). Kepraktisan model pembelajaran IDEA (issue, discussion, establish, and apply) dalam pembelajaran matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 776-788. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2917.

Setiawan, Y. E., & Zauri, A. S. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis model pembelajaran IDEA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 1-11. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/8515

Setiawan, Y. E. (2021). Relevansi model pembelajaran idea dalam menanamkan pemahaman konsep. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 177-186. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1952

Setiawan, Y. E., & Mustangin, M. (2020). Validitas model pembelajar IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk meningkatkan pemahaman konsep. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(1), 53-60. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/1432

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Putri Setya Yulianingsih, Vera Septi Andrini, & Hidayati, U. (2024). Penerapan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establih and Apply) terhadap hasil belajar Siswa pada materi statistika kelas X SMK Kosgoro . Dharma Pendidikan, 19(2). Retrieved from https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/527