Penerapan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establih and Apply) terhadap hasil belajar Siswa pada materi statistika kelas X SMK Kosgoro
Abstract
Pembelajaran Matematika masih menggunakan model konvensional sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) pada materi statistika kelas X SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2023/2024. Menggunakan penelitian true eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan dua kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa X SMK Kosgoro Nganjuk sejumlah 149 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah Kelas X AKL 1 sebagai kelas kontrol sejumlah 19 siswa dan Kelas X AKL 2 sebagai kelas eksperimen sejumlah 16 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji sample t-test. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t dan diperoleh thitung = 5,620 dan ttabel = 2,035 pada dk = 33 dan taraf signifikansi 5% atau 0,05 sehingga thitung = 5,620> ttabel = 2,035. Dengan demikian Hα diterima dan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan penerapan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) pada materi statistika kelas X SMK Kosgoro Nganjuk tahun pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Model Pembelajaran IDEA; Hasil Belajar, Statistik
Downloads
References
Adam, W., Mulyanto, A., Tuloli, M. S., & Bau, R. T. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran IDEA Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Operasi Aritmatika dan Logika. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(1), 26-34. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted/article/view/17426
Andrini, V. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Team Quiz Menggunakan Media Zoom Meting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 89-94. http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/9014
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48-54. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2293
Hidayah, N. (2022). Pandangan terhadap problematika rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6593-6601. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9183
Hsb, R. H. (2021). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi peluang di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Barumun (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan). http://etd.uinsyahada.ac.id/7205/
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di smk negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6. https://jom.untidar.ac.id/index.php/mathlocus/article/view/892
OKTAVIANI, K. E., SETIAWAN, Y. E., & SYAIFUDDIN, S. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN IDEA (ISSUE, DISCUSSION, ESTABLISH, AND APPLY) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 18(19), 1-10. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/21642
Patmaningrum, A. (2019). ARTIKEL: PEMANFAATAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DALAM UPAYA PENINGKATAN PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Dharma Pendidikan, 14(1), 15-21. http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/670
Setiawan, Y. E., & Mustangin, M. (2020). Kepraktisan model pembelajaran IDEA (issue, discussion, establish, and apply) dalam pembelajaran matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 776-788. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2917.
Setiawan, Y. E., & Zauri, A. S. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis model pembelajaran IDEA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 1-11. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/8515
Setiawan, Y. E. (2021). Relevansi model pembelajaran idea dalam menanamkan pemahaman konsep. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 177-186. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1952
Setiawan, Y. E., & Mustangin, M. (2020). Validitas model pembelajar IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk meningkatkan pemahaman konsep. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(1), 53-60. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/1432
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Setya Yulianingsih, Vera Septi Andrini, Umi Hidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0