PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MELALUI ZOOM CLOUD MEETING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NGANJUK TAHUN 2020/2021

Penulis

  • Dini Anjarwati
  • Vera Septi Andrini STKIP PGRI Nganjuk
  • Hariyono Hariyono STKIP PGRI Nganjuk

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Prestasi Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Media Zoom Cloud Meeting, 3) Untuk Mengetahui terdapat perbedaan model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Media Zoom Cloud Meeting dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis pendekatan eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 3 Nganjuk tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini dalah analisis data statistic t-test. Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata post-test 72,03 untuk kelas kontrol yang berarti cukup baik, dan nilai rata – rata post-test 84,50 untuk kelas eksperimen yang berarti baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signitifikan 5% untuk dk = 62 nilai ttabel = 1,99 dan thitung = 8,016, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning melalui media Zoom Cloud Meeting pada materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021”.

Referensi

Andrini, VS; Dkk. 2019. The Effect Of Flipped Classroom And Project Based Learning Model On Student’s Critical Thingking Ability. Journal Of Physics: Conference Series. Diunduh Pada 28 Juni 2021, Pukul 16.40

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Akmad Sudrajad, 2008. Pengertian pendekatan ,Strategi, Metode, teknik, Taktik, dan model pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Berti, Hefliza. (2020). Implementasi E-Learning Menggunakan Zoom Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Ditinjau Dari Gender Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Padang Cermin. Lampung: Universitas Islam Negeri. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Diakses di httpsrepositry.radenintan.ac.id pada tanggal 29 Maret 2021 Pukul 17.00 WIB

Dimas, Reza P.P. 2017. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswakelas Viismp Se-Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, Vol 12: 82 – 92. Di unduh pada 20 Juni 2021, pukul 09.30

Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Huda, M. 2013. Metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Haqien, Danin., Rahman Affiifadiyah Aqiilah. Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sejarah Vol. 5 No. 1 Agustus 2020. Di unduh pada 12 Mei 2021, pukul 14.00

Nurfaiza, Rafiqah. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terahadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 4 No. 1. Di unduh pada 12 Mei 2021, pukul 14.30

Ngalimun. 2012. Strategi dan Metode Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo

Rusman. 2012. Model dan Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali pers.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Anjarwati, D., Andrini, V. S. ., & Hariyono, H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MELALUI ZOOM CLOUD MEETING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NGANJUK TAHUN 2020/2021. Dharma Pendidikan, 17(1), 95-103. Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/190