PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTU QUIZIZZ UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.508Keywords:
Self Organized Learning Environment (SOLE), Quizizz, Berpikir KreatifAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ekonomi menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantu Quizizz pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kratif siswa pada mata pelajaran ekonomi antara yang menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environmen (SOLE) berbantu Quizizz dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (True-Eksperimental) dengan jenis Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 360 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan X-E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu metode tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantu Quizizz dapat meningkatakan kemampuan berpikir kratif siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa ini dibuktikan dari nilai rata-rata posstest siswa kelas kontrol sebesar 60 dengan kategori kurang baik sedangkan posstet pada kelas experimen nilai rata-rata sebesar 85 dengan kategori baik.
Downloads
References
Asyafah, Abas. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesia Journal of Islamic Education 6 (1): 19-32. DOI: https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Darwanto, (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (Pengertian dan Indikator). Jurnal Eksponen, Volume 9 (No. 2), hal 20-26. DOI: https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.56
Dewi, S. M., Siti, I., & Baiq, N. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environment) Menggunakan Media Quizizz Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal of Clasroom Action Research, Volume 4 (No.4), 139-145
Faradina, E., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 51-65. DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2601
Fariha, A. (2021). Pembelajaran SOLE dalam Membangun Keefektifan Belajar pada Peserta Didik. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). DOI: https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.245
Geopratama, D., & Hidayati, U. (2022). Efektifitas Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Tingginya Minat Start Up Pada Mahasiswa STKIP PGRI NGANJUK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2).
Habibi, Muhammad. (2018). Pengaruh model pembelajaran recip rocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah menengah pertama swasta muslimat Yayasan Pendidikan wanita Islam Kota Jambi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thata Saifuddin Jambi.
Huda Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Inayah, S. (2022). Hubungan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dengan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Siswa Kelas VII MTs AL-Huda Kepuhbener Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Dharma Pendidikan, 17(2), 130-137.
Nuraini, Hasanah (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) E-Learning Melalui Aplikasi Zoom dan Google Clasroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Disposisis Matematis pada Materi Intgral Kelas XI IPA MAN 1 Medan T.P 2020-2021, Universitas Islam Negeri Sumatera utara Medan.
Rahayu, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Junal Paradigma, 12(1).
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rosiani, B. F., & Nugraha, A. (2022). Pengembangan Modul Simulation Games tentang Kemampuan Berpikir Kreatif. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 599-607. DOI: https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.381
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran (Mengebangkan Profesiona;isme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setyorini, H., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environments) Terhadap Prestasi Belajar Berbasis HOTs (High Order Thinking Skills). Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 45-52. DOI: https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11357
Sifa, Qolbiyyah. (2022). Pengaruh model pembelajaran Self organized learning environment (SOLE) berbantu Padlet untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gerak luru. SMA Negeri 5 Depok.
Sugiyono (2009). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. AlVABETA
Sundari, H. (2015). Model-model pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua/asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106-117.
Sundari, Hanna. (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2): 106-117. DOI: https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.321
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Leviana Kristana Shinta, Umi Hidayati, Suharto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0