PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTU QUIZIZZ UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK

Authors

  • Leviana Kristana Shinta
  • Umi Hidayati
  • Suharto

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.508

Keywords:

Self Organized Learning Environment (SOLE), Quizizz, Berpikir Kreatif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ekonomi menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantu Quizizz pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kratif siswa pada mata pelajaran ekonomi antara yang menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environmen (SOLE) berbantu Quizizz dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (True-Eksperimental) dengan jenis Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 360 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan X-E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu metode tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantu Quizizz dapat meningkatakan kemampuan berpikir kratif siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa ini dibuktikan dari nilai rata-rata posstest siswa kelas kontrol sebesar 60 dengan kategori kurang baik sedangkan posstet pada kelas experimen nilai rata-rata sebesar 85 dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyafah, Abas. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesia Journal of Islamic Education 6 (1): 19-32.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.

Darwanto, (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (Pengertian dan Indikator). Jurnal Eksponen, Volume 9 (No. 2), hal 20-26.

Dewi, S. M., Siti, I., & Baiq, N. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environment) Menggunakan Media Quizizz Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal of Clasroom Action Research, Volume 4 (No.4), 139-145

Faradina, E., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 51-65.

Fariha, A. (2021). Pembelajaran SOLE dalam Membangun Keefektifan Belajar pada Peserta Didik. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3).

Geopratama, D., & Hidayati, U. (2022). Efektifitas Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Tingginya Minat Start Up Pada Mahasiswa STKIP PGRI NGANJUK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2).

Habibi, Muhammad. (2018). Pengaruh model pembelajaran recip rocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah menengah pertama swasta muslimat Yayasan Pendidikan wanita Islam Kota Jambi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thata Saifuddin Jambi.

Huda Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Inayah, S. (2022). Hubungan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dengan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Siswa Kelas VII MTs AL-Huda Kepuhbener Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Dharma Pendidikan, 17(2), 130-137.

Nuraini, Hasanah (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) E-Learning Melalui Aplikasi Zoom dan Google Clasroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Disposisis Matematis pada Materi Intgral Kelas XI IPA MAN 1 Medan T.P 2020-2021, Universitas Islam Negeri Sumatera utara Medan.

Rahayu, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Junal Paradigma, 12(1).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rosiani, B. F., & Nugraha, A. (2022). Pengembangan Modul Simulation Games tentang Kemampuan Berpikir Kreatif. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 599-607.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran (Mengebangkan Profesiona;isme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyorini, H., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environments) Terhadap Prestasi Belajar Berbasis HOTs (High Order Thinking Skills). Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 45-52.

Sifa, Qolbiyyah. (2022). Pengaruh model pembelajaran Self organized learning environment (SOLE) berbantu Padlet untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gerak luru. SMA Negeri 5 Depok.

Sugiyono (2009). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. AlVABETA

Sundari, H. (2015). Model-model pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua/asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106-117.

Sundari, Hanna. (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2): 106-117.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Leviana Kristana Shinta, Umi Hidayati, & Suharto. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTU QUIZIZZ UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK . Dharma Pendidikan, 20(1), 01–12. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.508