PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR CHECKS BERBANTU KARTU SOAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK

Authors

  • Deni Puspitasari
  • Suharto
  • Umi Hidayati
  • Hariyono

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v19i2.492

Keywords:

think pair checks, hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa menerapkan model pembelajaran think pair checks berbantu kartu soal pada mata pelajaran ekonomi industri keuangan nonbank dan produk industri keuangan nonbank siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran think pair checks berbantu kartu soal pada mata pelajaran ekonomi industri keuangan nonbank dan produk industri keuangan nonbank siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023, 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menerapkan dan yang tidak menerapkan model pembelajaran think pair checks berbantu kartu soal pada mata pelajaran ekonomi industri keuangan nonbank dan produk industri keuangan nonbank siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil dari penelitian analisis data kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest 55,44 dapat dikatakan kurang baik dan posttest 82,44 dapat dikatakan baik dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest 45,44 dapat dikatakan kurang baik dan posttest 69,33 dapat dikatakan cukup baik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dua sampel independent diperoleh thitung > ttabel dengan hasil thitung 6,097 > ttabel 1,994 artinya hipotesis diterima. Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang menerapkan dan yang tidak menerapkan model pembelajaran think pair checks berbantu kartu soal pada mata pelajaran ekonomi industri keuangan nonbank dan produk industri keuangan nonbank siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023.


The objectives of this study are 1) To determine the learning outcomes of students without applying the think pair checks learning model assisted by question cards in the economic subjects of the non-bank financial industry and non-bank financial industry products of class X SMA Negeri 3 Nganjuk in the 2022/2023 academic year, 2) To determine the learning outcomes of students by applying the think pair checks learning model assisted by question cards in the economic subject of the non-bank financial industry and non-bank financial industry products for class X students of SMA Negeri 3 Nganjuk in the 2022/2023 academic year, 3) To determine the difference in student learning outcomes between those who apply and those who do not apply the think pair checks learning model assisted by question cards in the economic subject of the nonbank financial industry and nonbank financial industry products for class X students of SMA Negeri 3 Nganjuk in the 2022/2023 academic year. This research is a Quasi Experiment research with Pretest-Posttest Control Group Design research design. Based on the results of data analysis research, the experimental class obtained an average pretest of 55.44 can be said to be not good and posttest 82.44 can be said to be good and the control class obtained an average pretest value of 45.44 can be said to be not good and posttest 69.33 can be said to be quite good. Hypothesis testing is done with the t test of two independent samples obtained tcount> ttable with the results of tcount 6.097> ttable 1.994, meaning that the hypothesis is accepted. Thus there is a difference in student learning outcomes between those who apply and those who do not apply the think pair checks learning model aided by question cards in the economic subject of the non-bank financial industry and non-bank financial industry products for class X students of SMA Negeri 3 Nganjuk in the 2022/2023 academic year.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ermawati. (2019). Pengaruh Pembelajaran Times Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Kartu Soal Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ma Hikmatusysyarief Selat Narmada.

Falaqawati, D., Tiur, H., Silitonga, M., & Hamdani. (2012). Meningkatkan hasil dan aktivitas menggunakan model nht berbantuan kartu soal tentang momentum dan impuls.

Hariyono, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Di Perguruaan Tinggi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 4(2), 187-196. DOI: https://doi.org/10.29407/nusamba.v4i2.13834

Helliana; Wahyuni, Agus; Rizal, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, 1(1), 2833. DOI: https://doi.org/10.24952/gravity.v1i1.5364

Hidayah, N. F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IIS, (1).

Isjoni. 2009. Efektivitas Model Cooperative Learning Mata Pelajaran Sejarah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kamila. (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Koloid Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Indekx Card Match pada Siswa SMAN 2 Siak Huli-Riau. Jurnal Pendidikan. Vol.2, No.2, Halaman 46-52.

Lestari, Desi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Pair Checks Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK PAB 2 HELVETIA Tahun Pembelajaran 2017-2018. Repositori.Umsu.Ac.Id, (3), 34. Retrieved from http://repositori.umsu.ac.id/handle/123456789/1266

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Rosyida, S., Ismail, M., & Sukardi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) Berbantuan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2), 6072. Retrieved from https://juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i2.59

Sihombing, Lisbet N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Viii. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 235251. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1049 DOI: https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1049

Sofiana, Siti. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Guide Inquiry Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Teorema phytagoras pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Hariyono, & Yuliawati, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kelas X IPS SMAN 1 Rejoso, 16(20), 123132.

https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/415 (diakses tanggal 16 mei 2023 21.35 wib)

Suriyani, Elli. (2018). Penerapan Metode Think Pairs Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(2), 354362.

Tobing, L.P. 2019. Penerapan Think Pair Share Berbantuan Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kalor dan Perpindahannya.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Puspitasari, D. ., Suharto, Umi Hidayati, & Hariyono. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR CHECKS BERBANTU KARTU SOAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK . Dharma Pendidikan, 18(2), 134–144. https://doi.org/10.69866/dp.v19i2.492