PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PAP) PADA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN 5 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
model pembelajaran, picture and picture ,prestasi belajar siswa.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah 1).Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture (PAP) pada pembelajaran ipa dengan materi tata surya untuk meningkatkan prestasi belajar, 2).Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran picture and picture (PAP) pada pembelajaran ipa dengan materi tata surya untuk meningkatkan prestasi belajar, 3).Untuk mengetahui Adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran picture and picture (PAP) pada pembelajaran ipa dengan materi tata surya untuk meningkatkan prestasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain the one group pretest-posttest design. Tempat yang digunakan dalam penitian ini SMPN 1 Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Popoulasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak
282 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-3 sejumlah 25 siswa.Tekhnik pengumpulan data dengan tes tertulis dan observasi . kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen.Tekhnik analisa data yang digunakan untuk menganalisa data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes.siswa menujukkan nilai rata-rata pre test 77,04 dan post test 83,92 pada kelas eksperimen.berdasar hasil analisis uji Paired hasil Sig menunjukkan 0,01artinya lebih kecil dari 0,05, maka terdapat perbedaan Rata- Rata sebelum dan sesudah perlakuan. Ha diterima dan Ho ditolak.Sehingga”ada peningkatan yang signifikan setelah model pembelajaran picture and picture terhadap mata pelajaran IPA dengan materi Tata surya pada siswa kelas VII SMPN Negeri 5 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Berdasarkan hasil nilai tes. Pada sebelum penerapan nilai rata-rata adalah 73,05 dan nilai variannya 64,68 ,sedangkan nilai sesudah penerapan 78,71 dan nilai variannya 73,77.kemudian di distribusiakan padfa rumus t-test diperoleh thitung adalah 2,96, dan derajat bebasnya 74 taraf
signifikan = 5 % ttabel adalah 2,00. Ha diterima dan Ho ditolak.Sehingga ”ada peningkatan yang signifikan sesudah penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap mata pelajaran IPA dengan materi Tata surya pada siswa kelas VII SMPN Negeri 5 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aris Listiawan, Hendrik Pratama; Yulia Dewi Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0