EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBASIS DARING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII SMP NEGERI 1 REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Oktavylia Guneatitis stkip pgri nganjuk
  • Hendrik Pratama
  • Purwo Adi Nugroho

Kata Kunci:

Model Pembelajaran CORE, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar IPA sebelum penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis daring materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui hasil belajar IPA sesudah penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis daring materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis daringĀ  materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian ekspeimen. Metode eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu Kelas VII dari VII-A sampai VII-I, sedangakan sampel penelitian yaitu kelas VII-F sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumen dan pemberian tes. Teknik analisis data digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian adalah data statistic t-test. Berdasarkan hasil tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 55,78 dan 87,81. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji Independent t-testi, Signifikan (2-tailed) menunjukkan hasil 0,00 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga terdapat adanya perbedaan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran CORE materi system tata surya kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk.

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

Guneatitis, O., Pratama, H. ., & Adi Nugroho, P. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBASIS DARING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII SMP NEGERI 1 REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 . Journal of Natural Science and Applications, 3(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/458