PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING BERBASIS PEMECAH MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POLUSI PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • nada hanifa STKIP PGRI Nganjuk
  • Purwo Adi Nugroho
  • Imega Syahlita Dewi

Kata Kunci:

model hybrid learning berbasis pemecah masalah, hasil belajar siswa.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan model Hybrid Learning berbasis pemecah masalah dan pembelajaran yang digunakan adalah model konvensional (ceramah) pada materi polusi, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Hybrid Learning berbasis pemecah masalah pada materi polusi, 3) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model hybrid learning berbasis pemecah masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi polusi. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan model desain post-test only control group design. Pengumpulan data berupa test dan dokumen. Subyek penelitian ini adalah kelas X AKL 1 dan AKL 2 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis data statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model hybrid learning berbasis pemecah masalah terhadap hasil belajar, dengan dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa antara tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model hybrid learning berbasis pemecah. Berdasarkan hasil nilai posttes, rata-rata nilai post-test untuk kelas eksperiment 81,219 dan rata-rata nilai post-test untuk kelas kontrol 76,844. Berdasarkan hasil analisis didapatkan taraf signifikasi 5% untuk dk=62 denganĀ  nilai ttabel = 0,67847 dan thitung = 2,37445, maka thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-09

Cara Mengutip

hanifa, nada, Adi Nugroho, P., & Syahlita Dewi, I. (2023). PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING BERBASIS PEMECAH MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POLUSI PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 . Journal of Natural Science and Applications, 4(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/471