Journal of Natural Science and Applications https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea <p>Journal of Natural Science and Applications (JONSEA) is is an Open Access. This journal provides a platform for researchers and scientists to publish research results in the fields of education and natural sciences, biological sciences, physical sciences, chemistry and their applications.</p> id-ID pratama@stkipnganjuk.ac.id (Hendrik Pratama, M.Pd) purwoadinugroho@stkipnganjuk.ac.id (Purwo Adi Nugroho, M.Pd) Thu, 25 May 2023 09:44:13 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN AJARAN 2021/2022 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/472 <p>Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui hasil belajar IPA pada materi Pernapasan dengan menggunakan metode pembelajaran TIEM QUIZ siswa 2) mengetahui hasil belajar IPA pada materi Pernapasan dengan menggunakan Metode pembelajaran Konvensional siswa, 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan metode pembelajaran TEAM QUIZ dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pernapasan kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rejoso yang berjumlah 286 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah tes berupa Posttest soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik t-test atau uji-t, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dianalisis hasil pengujian statistik diketahui dk= 62 dengan taraf signifikan 5% bernilai 1,998. Kemudian membandingkan nilai thitung dengan ttabel, diketahui nilai thitung =4,293 dan ttabel = 1,998. Dapat dilihat bahwa thitung = 4,293&gt; ttabel= 1,998. Dengan demikian H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa “ada perbedaan antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi pernapasan kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022”. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada materi pernapasan dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz lebih baik dar ipada menggunakan model pembelajaran konvensional.</p> Lutvi Binti Maisaroh, Hendrik Pratama, Arindra Trisna Widiansyah Hak Cipta (c) 2023 Journal of Natural Science and Applications https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/472 Fri, 24 Feb 2023 00:00:00 +0700 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN OPTIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/467 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa sebelum menerapkan model pembelajaran inkuiri menggunakan media audio-visual, 2) untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa sesudah menerapkan model pembelajaran inkuiri menggunakan media audio-visual, 3) untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran inkuiri menggunakan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya dan optik siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pra-experimental. Tempat penelitian yang digunakan adalah SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso dengan jumlah sebanyak 283&nbsp; siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 1 kelas yaitu kelas VIII A yang berisi 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu uji-t berpasangan (<em>Paired T-test</em>). Berdasarkan hasil uji hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan dilihat dari hasil pretes dan postes menunjukkan nilai t<sub>hitung</sub> 7,575 &gt; t<sub>tabel</sub> 2,039 pada taraf signifikan 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Inkuiri menggunakan Media Audio-Visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Cahaya dan Optik kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso tahun pelajaran 2021/2022.</p> santi purwiningsih, Vera Septi Andrini, Hariyono Hak Cipta (c) 2023 Journal of Natural Science and Applications https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/467 Thu, 25 May 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING BERBASIS PEMECAH MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POLUSI PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/471 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan model Hybrid Learning berbasis pemecah masalah dan pembelajaran yang digunakan adalah model konvensional (ceramah) pada materi polusi, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Hybrid Learning berbasis pemecah masalah pada materi polusi, 3) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model <em>hybrid learning</em> berbasis pemecah masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi polusi. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan model desain <em>post-test only control group design</em>. Pengumpulan data berupa test dan dokumen. Subyek penelitian ini adalah kelas X AKL 1 dan AKL 2 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis data statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model <em>hybrid learning</em> berbasis pemecah masalah terhadap hasil belajar, dengan dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa antara tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model hybrid learning berbasis pemecah. Berdasarkan hasil nilai posttes, rata-rata nilai post-test untuk kelas eksperiment 81,219 dan rata-rata nilai post-test untuk kelas kontrol 76,844. Berdasarkan hasil analisis didapatkan taraf signifikasi 5% untuk dk=62 dengan&nbsp; nilai t<sub>tabel</sub> = 0,67847 dan t<sub>hitung</sub> = 2,37445, maka t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> yang berarti H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>0</sub> ditolak.</p> nada hanifa, Purwo Adi Nugroho, Imega Syahlita Dewi Hak Cipta (c) 2023 Journal of Natural Science and Applications https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/471 Fri, 09 Jun 2023 00:00:00 +0700