PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INTERACTIVE DEMONSTRATION (ID) DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • anis anis STKIP PGRI Nganjuk
  • Yulia Dewi Puspitasari
  • Imega Syahlita Dewi

Kata Kunci:

metode pembelajaran interactive demonstration , kemampuan berpikir kritis, hasil belajar

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode interacrive demonstration dengan melihat adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran interactive demonstration dengan google classroom dengan kelas yang tidak menerapkan metode pembelajaran interactive demonstration  pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Post-test Only Control Group Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) sejumlah 108 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas OTKP 1 dan OTKP 2 dengan jumlah masing-masing kelas 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan observasi. Kelas OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statiktik deskriptif dan analisis data inferensial degan t-test. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diketahui nilai Sig. (2-tailed)  0,000 < 0,05 serta hasil analisis taraf signifikansi 5% untuk df = 70 nilai ttabel = 1. 66691 dan thitung = 5.988, maka thitung > ttabel yang berarti Ha di terima bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran interactive demonstration dengan google classroom dengan kelas yang tidak menerapkan metode pembelajaran interactive demonstration pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajarn 2020/2021. Sehingga penerapan metode pembelajaran interactive demonstration dengan google classroom sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

anis, anis, Dewi Puspitasari, Y., & Syahlita Dewi, I. (2023). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INTERACTIVE DEMONSTRATION (ID) DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal of Natural Science and Applications, 3(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/468