PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INTERACTIVE DEMONSTRATION (ID) DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
metode pembelajaran interactive demonstration , kemampuan berpikir kritis, hasil belajarAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode interacrive demonstration dengan melihat adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran interactive demonstration dengan google classroom dengan kelas yang tidak menerapkan metode pembelajaran interactive demonstration pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Post-test Only Control Group Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) sejumlah 108 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas OTKP 1 dan OTKP 2 dengan jumlah masing-masing kelas 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan observasi. Kelas OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statiktik deskriptif dan analisis data inferensial degan t-test. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diketahui nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 serta hasil analisis taraf signifikansi 5% untuk df = 70 nilai ttabel = 1. 66691 dan thitung = 5.988, maka thitung > ttabel yang berarti Ha di terima bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran interactive demonstration dengan google classroom dengan kelas yang tidak menerapkan metode pembelajaran interactive demonstration pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajarn 2020/2021. Sehingga penerapan metode pembelajaran interactive demonstration dengan google classroom sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 anis anis, Yulia Dewi Puspitasari, Imega Syahlita Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0