EFEKTIVITAS MEDIA VLOG (VIDEO-BLOG) EDUKASI MELALUI YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
vlog (video-blog) youtube, motivasi belajar.Abstract
Abstrak
Bagas Dwi Rahmatur Aji. 201710500026. Efektivitas Media Vlog (Video-Blog) Edukasi Melalui Youtube Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi: Program Studi Pendidikan IPA, STKIP PGRI Nganjuk, Juli 2021. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui motivasi belajar sebelum menggunakan media vlog (video-blog) edukasi melalui youtube pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Mengetahui motivasi belajar sesudah menggunakan media vlog (video-blog) edukasi melalui youtube pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) Mengetahui apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media vlog (video-blog) edukasi melalui youtube terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain ulang. Eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain Control Group Design (Pretest-Treatment-Posttest). Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X-OTKP 1 sejumlah 30 siswa dan X-BDP 1 sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan pemberian Tes (Pretest dan Posttest) dan Dokumentasi. Kelas X-DBP 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-OTKP 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah data statistik t-tes. Berdasarkan hasil tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata angket motivasi (sebelum) 57,83 dan angket motivasi (sesudah) 68,33 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata angket motivasi (sebelum) 58,67 dan angket motivasi (sesudah) 82,17 untuk kelas eksperimen. Kedua kelas tersebut menunjukkan peningkatan motivasi belajar, maka H1 diterima. Hasil uji independent t-test, motivasi belajar akhir (sesudah) siswa harga t hitung (t = 5,477 ; p = 0,000). Keputusan dapat menerima Ha. Terbukti bahwa efektivitas media vlog (video-blog) edukasi melalui youtube terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, motivasi belajarnya lebih tinggi dan signifikan perbedaannya dibandingkan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 bagas dwi, Tri Wahyuni Maduretno, Yulia Dewi Puspitasari
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0