EFEKTIVITAS MEDIA VLOG (VIDEO-BLOG) EDUKASI MELALUI YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • bagas dwi STKIP PGRI Nganjuk
  • Tri Wahyuni Maduretno
  • Yulia Dewi Puspitasari

Kata Kunci:

vlog (video-blog) youtube, motivasi belajar.

Abstrak

Abstrak

Bagas Dwi Rahmatur Aji. 201710500026. Efektivitas Media Vlog (Video-Blog) Edukasi Melalui Youtube Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi: Program Studi Pendidikan IPA, STKIP PGRI Nganjuk, Juli 2021. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui motivasi belajar sebelum menggunakan media vlog (video-blog) edukasi melalui youtube pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Mengetahui motivasi belajar sesudah menggunakan media vlog (video-blog) edukasi melalui youtube pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) Mengetahui apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media vlog (video-blog) edukasi melalui youtube terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain ulang. Eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain Control Group Design (Pretest-Treatment-Posttest). Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X-OTKP 1 sejumlah 30 siswa dan X-BDP 1 sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan pemberian Tes (Pretest dan Posttest) dan Dokumentasi. Kelas X-DBP 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-OTKP 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah data statistik t-tes. Berdasarkan hasil tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata angket motivasi (sebelum) 57,83 dan angket motivasi (sesudah) 68,33 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata angket motivasi (sebelum) 58,67 dan angket motivasi (sesudah) 82,17 untuk kelas eksperimen. Kedua kelas tersebut menunjukkan peningkatan motivasi belajar, maka H1 diterima. Hasil uji independent t-test, motivasi belajar akhir (sesudah) siswa harga t hitung (t = 5,477 ; p = 0,000). Keputusan dapat menerima Ha. Terbukti bahwa efektivitas media vlog (video-blog) edukasi melalui youtube terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, motivasi belajarnya lebih tinggi dan signifikan perbedaannya dibandingkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

dwi, bagas, Wahyuni Maduretno, T., & Dewi Puspitasari, Y. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA VLOG (VIDEO-BLOG) EDUKASI MELALUI YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal of Natural Science and Applications, 2(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/474