Penerapan model pembelajaran window shopping terhadap penguasaan konsep ipa siswa Pada materi bunyi di smpn 1 rejoso kabupaten nganjuk tahun pelajaraan 2021/2022
Keywords:
Model Pembelajaran Window Shopping,Penguasaan Konsep IPA,BunyiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran window shopping untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa SMP pada materi bunyi. Sehingga hipotesis dapat di rumuskan Ha : Ada perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran window shopping terhadap penguasaan konsep IPA siswa pada materi bunyi di SMPN 1 Rejoso Kab Nganjuk Tahun Pelajaraan 2021/2022.Metode penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain the nonequivalent control design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 1 kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes penguasaan konsep berbentuk essay 5 butir soal yang sudah divalidasi oleh ahli dan lembar observasi. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil olah data peningkatan penguasaan konsep IPA.Dari tabel output “Paired Samples Test” Dengan demikian karena nilai thitung -12.625 < ttable 2.042 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha di terima . sehingga dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran window shopping terhadap penguasaan konsep IPA siswa pada materi bunyi kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Kab Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep IPA yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran window shopping pada materi bunyi dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi bunyi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 yoppi satriawan, Imega Syahlita Dewi, Yulia Dewi Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0