PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PELAJARAN IPA DI KELAS X SMKN 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Aria Octa Vinda STKIP PGRI Nganjuk
  • Yulia Dewi Puspitasari
  • Purwo Adi Nugroho

Kata Kunci:

model pembelajaran Treffinger, berpikir kreatif

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model pembelajaran treffinger google classroom pada pelajaran IPA di kelas X SMKN 2 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa tanpa  penerapan model pembelajaran treffiger melalui google classroom pada pelajaran IPA di kelas X SMKN 2 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021. 3)Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan dan tanpa penerapan model pembelajarantreffinger melalui google classroom pada pelajaran IPA di kelas X SMKN 2 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Post-test Only Control Group Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X sebanyak 107 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X BDP-1 sejumlah 36 siswa dan X BDP-2 sejumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes essay. Kelas X BDP-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X  BDP-1  sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes . Berdasarkan hasil nilai tes siswa. Berdasarkan hasil nilai tes siswa, didapatkan rata-rata nilai  kelas eksperimen 84 dan  rata-rata kelas kontrol 74,83. Dari uji t diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (8,69 > 1,67). Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, ini berarti “Ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan dan tanpa penerapan model pembelajaran treffinger melalui google classroom pada pelajaran IPA di kelas X SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

Vinda, A. O., Dewi Puspitasari, Y., & Adi Nugroho, P. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PELAJARAN IPA DI KELAS X SMKN 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal of Natural Science and Applications, 2(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/451