PENGEMBANGAN TES TERTULIS PENDIDIKAN IPA BERBASIS ONLINE MENGUNAKAN GOOGLE FORM PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMPN 1 REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Mohammad Candra Ali B stkip pgri nganjuk
  • Purwo Adi Nugroho
  • Hendrik Pratama

Kata Kunci:

Tes, Online, Google Form

Abstrak

Pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pengembangan tes tertulis Pendidikan IPA berbasis online menggunakan Google Form ini dapat mempermudah untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tentang materi yang telah di ajarkan. Google Form merupakan layanan Online dari Google untuk membuat formulir Online, dan untuk mengumpulkan data, komentar, yang nantinya dapat disusun mengunakan Spreadsheet. Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes tertulis pada pembelajaran Pendidikan IPA secara Online dan mendeskripsikan bagaimana cara mengembangkan tes tertulis tersebut dengan mengunakan Google Form yang akan di uji cobakan pada kelas VII SMPN 1 Rejoso. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Instrument yang digunakan yaitu tes yang dikembangkan secara online, melalui tahap validasi ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah produk perangkat lunak berupa website https://forms.gle/HtHwKdR3WPJ8VModA meliputi pembahasan tiap indikator dan memenuhi kriteria kelayakan, terdapat 5 kategori soal yang tidak valid dari 25 soal pilihan ganda dan telah diujicobakan secara terbatas, dan produk telah diterima baik oleh siswa saat uji coba.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

Ali B, M. C., Adi Nugroho, P., & Pratama, H. . (2023). PENGEMBANGAN TES TERTULIS PENDIDIKAN IPA BERBASIS ONLINE MENGUNAKAN GOOGLE FORM PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMPN 1 REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal of Natural Science and Applications, 3(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/461