PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN AJARAN 2021/2022

Penulis

  • Lutvi Binti Maisaroh STKIP PGRI Nganjuk
  • Hendrik Pratama
  • Arindra Trisna Widiansyah

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran Team Quiz, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui hasil belajar IPA pada materi Pernapasan dengan menggunakan metode pembelajaran TIEM QUIZ siswa 2) mengetahui hasil belajar IPA pada materi Pernapasan dengan menggunakan Metode pembelajaran Konvensional siswa, 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan metode pembelajaran TEAM QUIZ dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pernapasan kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rejoso yang berjumlah 286 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah tes berupa Posttest soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik t-test atau uji-t, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dianalisis hasil pengujian statistik diketahui dk= 62 dengan taraf signifikan 5% bernilai 1,998. Kemudian membandingkan nilai thitung dengan ttabel, diketahui nilai thitung =4,293 dan ttabel = 1,998. Dapat dilihat bahwa thitung = 4,293> ttabel= 1,998. Dengan demikian H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa “ada perbedaan antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi pernapasan kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022”. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada materi pernapasan dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz lebih baik dar ipada menggunakan model pembelajaran konvensional.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

Maisaroh, L. B., Pratama, H. ., & Trisna Widiansyah, A. (2023). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN AJARAN 2021/2022. Journal of Natural Science and Applications, 4(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/472