PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN AJARAN 2021/2022
Keywords:
Metode Pembelajaran Team Quiz, Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui hasil belajar IPA pada materi Pernapasan dengan menggunakan metode pembelajaran TIEM QUIZ siswa 2) mengetahui hasil belajar IPA pada materi Pernapasan dengan menggunakan Metode pembelajaran Konvensional siswa, 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan metode pembelajaran TEAM QUIZ dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pernapasan kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rejoso yang berjumlah 286 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah tes berupa Posttest soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik t-test atau uji-t, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dianalisis hasil pengujian statistik diketahui dk= 62 dengan taraf signifikan 5% bernilai 1,998. Kemudian membandingkan nilai thitung dengan ttabel, diketahui nilai thitung =4,293 dan ttabel = 1,998. Dapat dilihat bahwa thitung = 4,293> ttabel= 1,998. Dengan demikian H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa “ada perbedaan antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi pernapasan kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022”. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada materi pernapasan dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz lebih baik dar ipada menggunakan model pembelajaran konvensional.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lutvi Binti Maisaroh, Hendrik Pratama, Arindra Trisna Widiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0