EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GONDANG KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Sri Andayani stkip pgri nganjuk
  • Arindra Trisna Widiansyah
  • Purwo Adi Nugroho

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Flipped Classroom, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model Flipped Classroom berbantu aplikasi Whatsapp terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model Flipped Classroom berbantu aplikasi Whatsapp terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) Mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Gondang Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 220 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII-A sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Convenience Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah data statistik t-tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan uji independent t-test, menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil belajar, nilai siswa menunjukkan rata-rata 45 sebelum menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan nilai rata-rata 70 setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Kelas VIII-A tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji independent t-test, Signifikansi (2-tailed) menunjukkan hasil 0,000 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga “adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantu aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar IPA materi sistem ekskresi manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gondang Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021”.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

Andayani, S., Trisna Widiansyah, A., & Adi Nugroho, P. (2023). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GONDANG KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal of Natural Science and Applications, 3(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/454