PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E (LEARNING CYCLE 5E) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SMK NEGERI 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Kaesta Uri Winggi STKIP PGRI Nganjuk
  • Hendrik Pratama
  • Purwo Adi Nugroho

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Siklus Belajar 5E, Keterampilan Proses Sains

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui penerapan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa, 2) mengetahui penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 5E terhadap keterampilan proses sains siswa, 3) mengetahui adanya perbedaan antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Siklus Belajar 5E terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran kimia kelas X SMKN 1 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Nganjuk yang berjumlah 538 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas X-MM-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MM-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes tertulis dengan soal uraian dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah tes berupa Posttest soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Berdasarkan hasil Posttest diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 84,11 sedangkan kelas kontrol 67,83. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi Sig.(2-tailed) 0,000 yang artinya Sig.(2-tailed) < 0,05. Selain itu juga dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan thitung dan ttabel didapatkan ttabel yaitu 1,66691 dengan thitung 6,685maka  thitung (6,685) > ttabel  (1,6691). Berdasarkan kedua uji yang dilakukan maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan ada perbedaan antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Siklus Belajar 5E terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran kimia. Perbedaan tersebut menunjukkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran Siklus Belajar 5E lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional.

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

Winggi, K. U., Pratama, H. ., & Adi Nugroho, P. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E (LEARNING CYCLE 5E) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SMK NEGERI 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 . Journal of Natural Science and Applications, 3(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/469