PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E – LEARNING BERBASIS APLIKASI GOOLE MEET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS X DI SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Theo Yolanda Pratama stkip pgri nganjuk
  • Arindra Trisna Widiansyah
  • Purwo Adi Nugroho

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Flipped Cclassroom, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peningkatan motivasi belajar siswa dengan Penggunan Model Pembelajaran E – Learning berbasis aplikasi Google Meet dalam pembelajaran Daring pada mata pelajaran IPA kelas X - PKM 2 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Dimana dapat kita ketahui bahwa pembelajaran saat ini harus secara virtual, ini disebabkan karena adanya pandemi covid – 19.

Penelitian ini ini merupakan penetilian eksperiemen dengan menggunakan model pembelajaran E – Learning berbasis aplikasi Google Meet. Tempat yang digunakan sebagai penelitian yaitu SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah X – PKM 2 yang berjumlah 20 siswa. Pada tehnik pengumpulan data menggunakan sistem pretest untuk yang tidak menggunakan Google Meet dan postest menggunakan Google Meet sebagai media ajar daring.

Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami kenaikan ketika menggunakan Google Meet sebagai media ajar, pernyataan itu di dukung dengan adanya data peningkatan nilai siswa. Dimana motivasi belajar siswa kelas X – PKM 2 di SMK PGRI 2 Nganjuk pada pembelajaran IPA materi AMDAL sebelum menggunakan Google Meet pada awal pretest mendapatkan hasil nilai rata – rata sebesar 69,4 dimana hal tersebut masih berada dibawah KKM yang di tentukan yaitu sebesar 70. Sedangkan Setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Aplikasi Google Meet nilai motivasi belajar siswa kelas X – PKM 2 di SMK PGRI 2 Nganjuk pada mata pelajaran IPA materi AMDAL memperoleh hasil nilai rata – rata sebesar 82,05 dimana hal ini menunjukkan adanya sebuah peningkatan dari motivasi belajar siswa, yaitu sebesar 12,65 yang jika dipersentase kan 6,8%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran E – Learning berbasis Aplikasi Google Meet dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas X – PKM 2 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

Pratama, T. Y., Trisna Widiansyah, A., & Adi Nugroho, P. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E – LEARNING BERBASIS APLIKASI GOOLE MEET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS X DI SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal of Natural Science and Applications, 3(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/452