EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA GAMBAR DAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TATA SURYA KELAS VII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Ika Nurdiah Andayani STKIP PGRI NGANJUK
  • Purwo Adi Nugroho
  • Imega Syahlita Dewi

Kata Kunci:

alat peraga gambar, LKS (Lembar Kerja Siswa), hasil belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas penggunaan alat peraga gambar terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso, untuk mengetahui pengaruh efektivitas penggunaan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso, untuk mengetahui perbedaan efektifitas penggunaan alat peraga gambar dengan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi Tata Surya pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pedekatan komparatif. Metode eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain Control Group Design (Pretest-Treatment-Posttest). Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII dari VII-A sampai dengan VII-I, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-C sejumlah 29 siswa dan VII-G sejumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumenter dan pemberian tes. Kelas VII-C sebagai kelas kontrol dan kelas VII-G sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah data statistik t-tes. Berdasarkan hasil tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest 61,72 dan posttest 83,45 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata pretest 61,55 dan posttest 83,62 untuk kelas eksperimen. Kedua kelas tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar, maka H1 diterima sedangkan Ho ditolak. Hasil uji independent t-test, Signifikansi (2-tailed) menunjukkan hasil 0,777 yang berarti H1 ditolak dan Ho diterima. sehingga “tidak adanya perbedaan pada efektifitas penggunaan alat peraga gambar dengan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi tata surya kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

Andayani, I. N., Adi Nugroho, P., & Syahlita Dewi, I. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA GAMBAR DAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TATA SURYA KELAS VII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Journal of Natural Science and Applications, 2(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/462