EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA GAMBAR DAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TATA SURYA KELAS VII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
alat peraga gambar, LKS (Lembar Kerja Siswa), hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas penggunaan alat peraga gambar terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso, untuk mengetahui pengaruh efektivitas penggunaan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso, untuk mengetahui perbedaan efektifitas penggunaan alat peraga gambar dengan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi Tata Surya pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pedekatan komparatif. Metode eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain Control Group Design (Pretest-Treatment-Posttest). Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII dari VII-A sampai dengan VII-I, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-C sejumlah 29 siswa dan VII-G sejumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumenter dan pemberian tes. Kelas VII-C sebagai kelas kontrol dan kelas VII-G sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah data statistik t-tes. Berdasarkan hasil tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest 61,72 dan posttest 83,45 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata pretest 61,55 dan posttest 83,62 untuk kelas eksperimen. Kedua kelas tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar, maka H1 diterima sedangkan Ho ditolak. Hasil uji independent t-test, Signifikansi (2-tailed) menunjukkan hasil 0,777 yang berarti H1 ditolak dan Ho diterima. sehingga “tidak adanya perbedaan pada efektifitas penggunaan alat peraga gambar dengan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi tata surya kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso”.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ika Nurdiah Andayani, Purwo Adi Nugroho, Imega Syahlita Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0