PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BBL (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII SMPN 1 SUKOMORO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Alfaya Jauharotul Wardati STKIP PGRI NGANJUK
  • Yulia Dewi Puspitasari
  • Purwo Adi Nugroho

Kata Kunci:

model pembelajaran BBL (Brain Based Learning), hasil belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar IPA sebelum diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning), 2) untuk mengetahui hasil belajar IPA setelah diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning), 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) pada materi Pemanasan Global siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain only one group pre-test post-test. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMPN 1 Sukomoro Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII A sejumlah 32 siswa. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis (Pre-test Post-test) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 49,38 sehingga tingkat keberhasilan hasil belajar dikategorikan kurang baik. Sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 64,69 sehingga tingkat keberhasilan hasil belajar dikategorikan cukup baik.  Berdasarkan hasil analisis diketahui t hitung negatif yakni -9,464 sehingga diketahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) dan taraf signifikasi (2-tailed) atau 0,000 < 0,05 yang berarti Hα diterima dan H0 ditolak. Sehingga “Terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pemanasan Global Kelas VII SMPN 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2019/2020”

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

Wardati, A. J., Dewi Puspitasari, Y., & Adi Nugroho, P. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BBL (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII SMPN 1 SUKOMORO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Journal of Natural Science and Applications, 1(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/459