PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTU APLIKASI ZOOM DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS X AKL 2 SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
model pembelajaran Explicit Instruction, Zoom, Hasil BelajarAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa dengan Penggunan Model Pembelajaran Explicit Instruction berbantu Aplikasi Zoom dalam pembelajaran Daring pada mata pelajaran IPA kelas X AKL 2 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Aplikasi Zoom. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah kelas X AKL 2 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi kegiatan siswa dalam menerapkan penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction berbantu Aplikasi Zoom. Sedangkan hasil belajar siswa menggunakan lembar tes hasil belajar yaitu berupa tes tertulis (pretest dan Postest).
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa yaitu 41,37% dan pada siklus II menjadi 89,65% dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 48,28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction berbantu Aplikasi Zoom dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas X AKL 2 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 bagus setiyawan, Hendrik Pratama, Tri Wahyuni Maduretno
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0