EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DAN WHATAPP TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X DI SMKN 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • dian ary STKIP PGRI Nganjuk
  • Hendrik Pratama
  • Tri Wahyuni Maduretno

Kata Kunci:

Pembelajaran Online, Google Classroom dan Media Whatapps, Kemampuan Belajar Siswa

Abstrak

Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini adalah : 1). Bagaimanakah pembelajaran daring mengunakan aplikasi Google Classroom dan WhatApp pada mata pelajaran kimia siswa kelas X, 2). Bagaimanakah kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran kimia siswa kelas X, 3). Adakah pengaruh pembelajaran daring menggunakan media pembelajaran Google Classroom dan WhatApp terhadap kemampuan belajar Pada Mata pelajaran kimia siswa kelas X di SMKN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.

Penelitian ini termasuk desain korelasional dengan pendekatan kuantiatif metode one shot case study yaitu dengan melakukan penelitian secara seksama dalam mempelajari fenomena atau masalah. teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Tempat pada penelitian ini adalah SMKN 1 Nganjuk yang berfokus pada mata pelajaran kimia kelas X. penelitian nantinya akan memiliki populasi sebanayak 253 orang dan sampel sebanyak 72 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data memakai analisis deskritif, uji kuisioner, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis korelasional. Menggunakan M.S Excell dan SPSS IBM Version 2017 dengan teknik hipotesis Analisis Regresi Linier Sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian terdapat dua variabel yaitu variabel bebas pembelajaran daring dengan WhatApp dan Google Classroom (X) dan variabel terikat kemampuan belajar (Y). Analisis deskriptif pembelajaran Google Classroom dan WhatApp siswa X TKJ 1 dan X TKJ 2 berada pada kategori sedang (60%) dan variabel kemampuan belajar siswa X TKJ 1 dan X TKJ 2 berada pada kategori sedang (53%). Angket no. 1 sampai 25 semuanya dinyatakan valid karena melebihi nilai rtabel yaitu 0,2319. Angket 25 soal memiliki nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,742 dimana (p > 0,6) sehingga angket dinyatakan reliabel. variabel (X) 0,200 dan variabel (Y) 0,064 lebih besar dari 0,05 sehingga kedua variabel berdistribusi normal. Pada variabel (X) dan variabel (Y) dimana kedua variabel dinyatakan linier karena memiliki tingkat Sig. Deviasen dari Linearity lebih dari 0,05 yaitu 0,255. Dalam uji hipotesis korelasi variabel (rxy) adalah 0,795 sehingga dikategorikan korelasi kuat. Nilai sig (0,00>0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara (X) dan (Y) dimana nilai rsquare 0,633. Pengaruh pembelajaran online menggunakan Google Classroom dan WhatApp terhadap kemampuan belajar adalah sebesar 63,3% dan 36,7% ditentukan oleh faktor lain sehingga hipotesis alternatif Ha diterima. “Ada pengaruh pembelajaran online menggunakan media pembelajaran Google Classroom dan WhatApp terhadap kemampuan belajar mata pelajaran kimia siswa kelas X SMKN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-24

Cara Mengutip

ary, dian, Pratama, H. ., & Wahyuni Maduretno, T. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DAN WHATAPP TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X DI SMKN 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal of Natural Science and Applications, 2(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/457