EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DAN WHATAPP TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X DI SMKN 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
Pembelajaran Online, Google Classroom dan Media Whatapps, Kemampuan Belajar SiswaAbstract
Abstrak
Permasalahan pada penelitian ini adalah : 1). Bagaimanakah pembelajaran daring mengunakan aplikasi Google Classroom dan WhatApp pada mata pelajaran kimia siswa kelas X, 2). Bagaimanakah kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran kimia siswa kelas X, 3). Adakah pengaruh pembelajaran daring menggunakan media pembelajaran Google Classroom dan WhatApp terhadap kemampuan belajar Pada Mata pelajaran kimia siswa kelas X di SMKN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini termasuk desain korelasional dengan pendekatan kuantiatif metode one shot case study yaitu dengan melakukan penelitian secara seksama dalam mempelajari fenomena atau masalah. teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Tempat pada penelitian ini adalah SMKN 1 Nganjuk yang berfokus pada mata pelajaran kimia kelas X. penelitian nantinya akan memiliki populasi sebanayak 253 orang dan sampel sebanyak 72 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data memakai analisis deskritif, uji kuisioner, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis korelasional. Menggunakan M.S Excell dan SPSS IBM Version 2017 dengan teknik hipotesis Analisis Regresi Linier Sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat dua variabel yaitu variabel bebas pembelajaran daring dengan WhatApp dan Google Classroom (X) dan variabel terikat kemampuan belajar (Y). Analisis deskriptif pembelajaran Google Classroom dan WhatApp siswa X TKJ 1 dan X TKJ 2 berada pada kategori sedang (60%) dan variabel kemampuan belajar siswa X TKJ 1 dan X TKJ 2 berada pada kategori sedang (53%). Angket no. 1 sampai 25 semuanya dinyatakan valid karena melebihi nilai rtabel yaitu 0,2319. Angket 25 soal memiliki nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,742 dimana (p > 0,6) sehingga angket dinyatakan reliabel. variabel (X) 0,200 dan variabel (Y) 0,064 lebih besar dari 0,05 sehingga kedua variabel berdistribusi normal. Pada variabel (X) dan variabel (Y) dimana kedua variabel dinyatakan linier karena memiliki tingkat Sig. Deviasen dari Linearity lebih dari 0,05 yaitu 0,255. Dalam uji hipotesis korelasi variabel (rxy) adalah 0,795 sehingga dikategorikan korelasi kuat. Nilai sig (0,00>0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara (X) dan (Y) dimana nilai rsquare 0,633. Pengaruh pembelajaran online menggunakan Google Classroom dan WhatApp terhadap kemampuan belajar adalah sebesar 63,3% dan 36,7% ditentukan oleh faktor lain sehingga hipotesis alternatif Ha diterima. “Ada pengaruh pembelajaran online menggunakan media pembelajaran Google Classroom dan WhatApp terhadap kemampuan belajar mata pelajaran kimia siswa kelas X SMKN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021”.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 dian ary, Hendrik Pratama, Tri Wahyuni Maduretno
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0