PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PAP) PADA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN 5 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Aris Listiawan STKIP PGRI NGANJUK
  • Hendrik Pratama
  • Yulia Dewi Puspitasari

Keywords:

model pembelajaran, picture and picture ,prestasi belajar siswa.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adalah 1).Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture (PAP) pada pembelajaran ipa dengan materi tata surya untuk meningkatkan prestasi belajar, 2).Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran picture and picture (PAP) pada pembelajaran ipa dengan materi tata surya untuk meningkatkan prestasi belajar, 3).Untuk mengetahui Adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran picture and picture (PAP) pada pembelajaran ipa dengan materi tata surya untuk meningkatkan prestasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain the one group pretest-posttest design. Tempat yang digunakan dalam penitian ini SMPN 1 Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Popoulasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak

282 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-3 sejumlah 25 siswa.Tekhnik pengumpulan data dengan tes tertulis dan observasi . kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen.Tekhnik analisa data yang digunakan untuk menganalisa data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes.siswa menujukkan nilai rata-rata pre test 77,04 dan post test 83,92 pada kelas eksperimen.berdasar hasil analisis uji Paired hasil Sig menunjukkan 0,01artinya lebih kecil dari 0,05, maka terdapat perbedaan Rata- Rata sebelum dan sesudah perlakuan. Ha diterima dan Ho ditolak.Sehingga”ada peningkatan yang signifikan setelah model pembelajaran picture and picture terhadap mata pelajaran IPA dengan materi Tata surya pada siswa kelas VII SMPN Negeri 5 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.

Berdasarkan hasil nilai tes. Pada sebelum penerapan nilai rata-rata adalah 73,05 dan nilai variannya 64,68 ,sedangkan nilai sesudah penerapan 78,71 dan nilai variannya 73,77.kemudian di distribusiakan padfa rumus t-test diperoleh thitung adalah 2,96, dan derajat bebasnya 74 taraf

signifikan = 5 % ttabel adalah 2,00. Ha diterima dan Ho ditolak.Sehingga ”ada peningkatan yang signifikan sesudah penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap mata pelajaran IPA dengan materi Tata surya pada siswa kelas VII SMPN Negeri 5 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-02-24

How to Cite

Listiawan, A., Pratama, H. ., & Dewi Puspitasari, Y. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PAP) PADA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN 5 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Journal of Natural Science and Aplication, 1(1). Retrieved from https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jonsea/article/view/450

Issue

Section

Articles