EFEKTIVITAS METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS GUNA PENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Penulis

  • ahmad
  • Vera Septi Andrini
  • Suharto

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran Resitasi, Disiplin Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian guna  Mengetahui Kedisiplinan Siswa Sebelum Penerapan Metode Resitasi, Mengetahui Kedisiplinan Siswa Sesudah Penerapan Metode Resitasi, serta Mengetahui Efektivitas Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dalam Peningkatan Disiplin Belajar. Penelitian ini bertujuan tidak hanya meneliti namun untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pasca pandemi Covid-19 Proses belajar mengajar mengalami kendala yakni guru sulit menyampaikan materi dan siswa sulit menerima materi. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan sampel menggunakan teknik Sample jenuh (32 siswa) Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa X BDP dan X MM SMK AL AMIN tahun ajaran 2021/2022. Teknik analisis data menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Sudjana (1992) P=(F/N)x100, Penelitian terdiri dari dua siklus. dianalisa secara kuantitatif dengan Observasi sebagai metode pokok, observasi digunakan untuk mencatat fenomena terkait penerapan metode Resitasi. Hasil  penerapan metode siklus I pertemuan pertama terdapat peserta didik aktif 35,2% dan pada pertemuan kedua peserta didik aktif 46,7%, dilanjutkan siklus II dengan meningkatkannya aktivitas belajar yang mana meningkat 58,4% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua 70,9%

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

ahmad, Septi Andrini, V., & Suharto. (2022). EFEKTIVITAS METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS GUNA PENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI . Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/420