EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MENERAPKAN DARING METHOD MELALUI VIDEO CONFERENCE ZOOM CLOUD MEETING PLATFORM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Penulis

  • Al Azasi Ryzky Ramadhan
  • Vera Septi Andrini
  • Juminto

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Zoom cloud meeting, Teknik analisia data Uji-t

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkannya daring method dengan media pembelajaran Zoom Cloud Meeting pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. (2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkannya daring method dengan media pembelajaran Zoom Cloud Meeting pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.(3).Untuk mengetahui Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya daring method dengan media pembelajaran Zoom Cloud Meeting pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.

Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan penelitian kuantitatif semu. Artinya penelitian dengan tidak memungkinkan peneliti untuk meneliti variabel luaran yang dapat memperngaruhi variabel terikat. Tempat penelitian adalah SMK PGRI 2 Nganjuk. Populasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas seluruh siswa kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 103 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling, yakni memilih sampel bukan didasarkan pada individu melainkan pada kelompok, daerah atau kelompok subyek yang secara alami berkumpul bersama. Dalam penelitian ini sampel penelitiannya adalah siswa kelas X AKL-A SMK PGRI 2 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 29 siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penbelitian ini adalah statistik uji-t.

Dari anallisis data diatas diperoleh thitung = 8,39 dan ttabel = 1,701 pada taraf signifikan 5% maka thitung > ttabel akibatnya Ho ditolak dan H1 diterima; dengan demikian dapat ditarik kesimpulan “ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya daring method dengan media pembelajaran Zoom Cloud Meeting pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X-AKL A SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Al Azasi Ryzky Ramadhan, Septi Andrini, V., & Juminto. (2022). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MENERAPKAN DARING METHOD MELALUI VIDEO CONFERENCE ZOOM CLOUD MEETING PLATFORM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN AKADEMIK 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/426