EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERALIZATION TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Kata Kunci:
Efektivitas, Model Generalization, Hasil Belajar Kelas X IPS 4.Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa waktu yang lalu dikarenkan adanya wabah COVID-19 yang melanda dunia diakhir tahun 2019 pada saat ini tahun 2021 di indosesia dilakukan uji coba system new normal siswa di SMA Negeri 1 Sukomoro dijalankan sistem sift oleh karena itu guru harus lebih interaktif dan kreatif dengan menggunakan model pembelajaran Generalization guru diharapkan efektif untuk menyampaikan pembelajaran agar para siswa tidak ketinggalan pembelajaran pada waktu yang singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajran Generalization pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Sukomoro dengan ukuran ketuntasan KKM yang ditetapkan sekolah. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 1 Sukomoro Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas X IPS 4 sebanyak 36 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah Uji- T. Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata rata pre – tes 59 dan post – tes 86 Dari perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh nilai thitung 25,673 sedangkan nilai ttabel 1.68957. Dapat dilihat bahwa thitung ≥ ttabel dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima.Yang artinya hipotesis yang diajukan oleh peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi “Efektivitas Penerapan Model Pembelajran Generalization Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembeljaran Ekonomi Kelas X IPS 4 Di SMA Negeri 1 Sukomoro Tahun Ajaran 2021/2022.”