EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKSIVISME TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI BISNIS PADA MATERI PERAN PELAKU EKONOMI SISWA KELAS X AKL UPTD SMK NEGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Efektivitas, pendekatan konstruksivisme, prestasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Prestasi belajar siswa dengan yang tidak mengunakan pendekatan kontruksivisme, 2) Untuk mengetahui Prestasi belajar siswa dengan yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, 3) Untuk mengetahui adanya perbedaan pada prestasi belajar antara yang tidak menggunakan pendekatan kontruksivisme dengan yang mengunakan pendekatan kontruksivisme pada materi Peran pelaku ekonomi siswa kelas X AKL.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pos tes only control design. Tempat yang didigunakan untuk penelitianini adalah SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas XAKL sebanyak 106 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu XAKL1 sejumlah 35 siswa, dan XAKL 2 sejumlah 35 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tulis dan dokumentasi. Kelas XAKL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XAKL 2 sebagai kelas kontol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data ststistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes. Siswa menunjukan nilai rata-rata pos tes kelas eksperimen 80,8 dan nilai rata- rata pos tes kelas kontrol 67,6. Untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk nilai 68 ( taraf signifikan 5% maupun 1% untuk N = 70 dan dk = 68, karena dk = 68 tidak tercantum dalam tabel distribusi t maka diambil nilai 60) Nilai ttabeldari dk = 60 adalah 2,02 dan 5,756 yang berarti thitung > ttabel,Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga “ ada perbedaan yang signifikan antara pendekatan konstruksivisme dan selain menggunakan pendekatan konstruksivisme terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis materi peran pelaku ekonomi pada siswa kelas XAKL SMKN2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0