PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI KONSEP ILMU EKONOMI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Google Classroom, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa materi konsep ilmu ekonomi sebelum penerapan model pembelajaran discovery learning menggunakan media google classroom. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa materi konsep ilmu ekonomi setelah penerapan model pembelajaran discovery learning menggunakan media google classroom. 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa materi konsep ilmu ekonomi pada kelas X PKM 1 SMK PGRI 2 NGANJUK Tahun Pelajaran 2021/2022 sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran discovery learning menggunakan media google classroom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan one group desain. Tempat yang digunakan pada penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X PKM 1 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 1 kelas yang jumlahnya 34 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X PKM 1. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini adalah analisis data uji-t. Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata pre-test 73 dan post test 80. Dari perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh nilai = 9,638 dan nilai = 2,034. Dapat dilihat bahwa > . Dengan demikian Ho ditolah dan Ha diterima. Yang artinya hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima” Adapun hipotesis yang dimaksudkan berbunyi : “Ada Perbedaan Yang Signifikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Materi Konsep Ilmu Ekonomi Kelas X PKM 1 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media google classroom.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0