PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE (VIDEO VLOG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

Penulis

  • Catur Hari Bagus Wicaksono
  • Juminto
  • Hariyono

Kata Kunci:

Media Youtube, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XI Tata Boga SMK Negeri 2 Bagor sebelum menggunakan model pembelajaran Media Youtube (Video Vlog). 2). Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XI Tata Boga SMK Negeri 2 Bagor sesudah menggunakan model pembelajaran Media Youtube (Video Vlog). 3). Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XI Tata Boga SMK Negeri 2 Bagor sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Media Youtube (Video Vlog).

Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Penerapan dengan menggunakan pendekataan kuantitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Bagor. Populasi penelitian Kelas XI Tata Boga sebanyak 65 siswa. Sampel penelitian yaitu Kelas XI Tata Boga sebanyak 32 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan Tes dan Dokumentasi , sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data Uji T.

Hasil belajar Mata pelajaran Kewirausahaan Materi Sikap dan perilaku wirausaha siswa kelas XI Tata Boga SMK Negeri 2 Bagor  sebelum menggunakan Media pembelajaran Youtube (Video Vlog) Total Nilai Rata-rata 63. Dan Hasil setelah menggunakan Media Pembelajaran Youtube (Video Vlog) Rata-rata total nilai adalah 83.

Jadi, Adanya perbedaan Hasil belajar sebelum dan sesudah Media pembelajaran youtube tahun pelajaran 2021/2022. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai  > . Dengan nilai = 7,454 dan nilai  = 2,039 maka Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, artinya ada pengaruh pemanfaatan Media Youtube (Video Vlog) sebagai Media belajar terhadap Hasil belajar  mata pelajaran Kewirausahaan pada siswa kelas XI Tata Boga SMK Negeri 2 Bagor Tahun Pelajaran 2021/2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Catur Hari Bagus Wicaksono, Juminto, & Hariyono. (2022). PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE (VIDEO VLOG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN . Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/424