PENGARUH GAYA KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN KONTROL ORANG TUA TERHADAP ACADEMIC PERFORMANCE SISWA KELAS X MIPA 3
Keywords:
Regresi linear berganda, academic performanceAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui pengaruh gaya komunikasi guru terhadap academic performance siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 SUKOMORO tahun ajaran 2021/2022. 2).Untuk mengetahui pengaruh kontrol orang tua terhadap academic performance siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 SUKOMORO tahun ajaran 2021/2022. 3).Untuk mengetahui pengaruh dari gaya komunikasi guru dan kontrol orang tua terhadap academic performance siswa di kelas X MIPA 3 SMA N 1 SUKOMORO.tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan desain korelasi berganda tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 1 SUKOMORO Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas X MIPA 3 sebanyak 35 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X MIPA 3 sebanyak 35 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling.. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data korelasi parsial dan analisis data regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hasil analisis data korelasi parsial dan uji t didapat variabel gaya komunikasi guru terhadap academic performace dan kontrol orang tua terhadap academis performance bernilai 0.18623 dan 0.04120, serta sig untuk gaya komunikasi guru terhadap academis performance dan kontrol orang tua terhadap academis performance adalah sebesar 0,29 dan 0,81 berarti > 0,05 dengan nilai ttabe; 1,072 dan 0,233 berarti < 2,036 yang bermakna bahwa pengaruh antara variabel gaya komunikasi guru terhadap academic performance siswa dan kontrol orang tua terhadap academic performance siswakelas X MIPA 3 SMAN 1 Sukomoro memiliki pengaruh yang relatif sangat rendah. Dan dari hasil analisis data regresi linear berganda dan telah dilakukannya uji hipotesis berupa koefisiensi determinasi dan uji F, diperoleh nilai sig sebesar 0,55 > 0,05 dan nilai ftabel 0,605 < 3,28, maka dapat disimpulkan bahwa gaya komunikasi guru dan kontrol orang tua berpengaruh sangat rendah terhadap academic performance siswa yaitu dengan persentase 3,64%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0