“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOG CRITICAL THINKING (DD/CT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X OTKP SMKN 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020”
Keywords:
model pembelajaran Deep Dialog critical Thinking(DD/CT), kemampuan berfikir kritisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking Terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran ekonomi siswa X Otkp SMKN 2 Nganjuk. 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking Terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran ekonomi siswa X Otkp SMKN 2 Nganjuk. 3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking Terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran ekonomi siswa X Otkp SMKN 2 Nganjuk.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X OTKP sebanyak 109 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas OTKP 1 sejumlah 37 siswa dan OTKP 2 sejumlah 37 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas OTKP 1 sebagai kelas kontrol dan kelas OTKP 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 68,6 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post test 80,04 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 72 nilai ttabel = 2,021 dan thitung = 4,726, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran deep dialog critical thinking (DD/CT) pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X OTKP di SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0