“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOG CRITICAL THINKING (DD/CT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X OTKP SMKN 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020”

Penulis

  • M.Adim alghoffar
  • Umi Hidayati

Kata Kunci:

model pembelajaran Deep Dialog critical Thinking(DD/CT), kemampuan berfikir kritis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking Terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran ekonomi siswa X Otkp SMKN 2 Nganjuk. 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking Terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran ekonomi siswa X Otkp SMKN 2 Nganjuk. 3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking Terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran ekonomi siswa X Otkp SMKN 2 Nganjuk.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X OTKP sebanyak 109 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas OTKP 1 sejumlah 37 siswa dan OTKP 2 sejumlah 37 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas OTKP 1 sebagai kelas kontrol dan kelas OTKP 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 68,6 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post test 80,04 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 72 nilai ttabel = 2,021 dan thitung = 4,726, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa menggunakan model  pembelajaran deep dialog critical thinking (DD/CT) pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X OTKP di SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

M.Adim alghoffar, & Hidayati, U. (2022). “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOG CRITICAL THINKING (DD/CT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X OTKP SMKN 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/445