PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KELASE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BERBEK KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Muhammad Tegar Febrianto
  • Umi Hidayati

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Berbasis Kelase, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) hasil belajar siswa dengan tidak mengunakan media pembelajaran berbasis Kelase, 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Kelase, 3)mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Kelase dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Kelase pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VIII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 287 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling, kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Kelase, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar ilmu pengetahuan sosial.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.

Berdasarkan hasil analisa data dan pengujian pada bab IV yang telah dilakukan penelitian diperoleh hasil thitung = 4,3 dan ttabel = 2,00 dengan dk 62 dan taraf signifikan 5%. Maka thitung > ttabel.

Dari data tersebut disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan sehingga ada perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Kelase dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Kelase kelas VIII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Muhammad Tegar Febrianto, & Hidayati, U. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KELASE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BERBEK KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(1). Diambil dari https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/447