PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KEGIATAN EKONOMI

Authors

  • RIZKI SETYOBUDI STKIP PGRI NGANJUK
  • Umi Hidayati
  • Yulia Dewi Puspitasari

Keywords:

Strategi Pembelajaran Metakognitif, Hasil Belajar

Abstract

Hasil pengamatan atau observasi awal yang penulis lakukan dengan guru ekonomi SMA Negeri 3 Nganjuk, dimana siswa terlalu bosan dengan strategi pembelajaran yang selalu diterapkan di sekolah, sehingga penulis mencoba menerapkan strategi yang cocok untuk siswa agar siswa tidak bosan dan lebih konsentrasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1).Untuk Mengetahui hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Ekonomi  sebelum menerapkan strategi pembelajaran metakognitif pada Siswa Kelas X SMA Negeri  3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022, 2).Untuk Mengetahui Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Ekonomi sesudah menerapkan strategi pembelajaran metakognitif pada Siswa Kelas X SMA Negeri  3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022, 3). Untuk Mengetahui ada tidaknya perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan strategi pembelajaran metakognitif terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Siswa Kelas X SMA Negeri  3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Tes sebelum menggunakan strategi pembelajaran metakognitif  diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65 maka nilai rata rata pre  tes 76 dan setelah menggunakan strategi pembelajaran metakognitif diperoleh hasil belajar dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70 maka nilai rata-rata  posttes 83,5. Dari perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh nilai 16,5 sedangkan nilai   2,021.Dapat dilihat bahwa   ≥  dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Yang artinya hipotesis yang diajukan oleh peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi “Ada Pengaruh sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran metakognitif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Ekonomi Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk TahunPelajaran2021/2022“

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-11-02

How to Cite

SETYOBUDI, R., Hidayati, U., & Dewi Puspitasari, Y. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KEGIATAN EKONOMI . Ekonomi Dan Pendidikan Sinergi Untuk Inovasi, 3(2). Retrieved from https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/389

Most read articles by the same author(s)