PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KEGIATAN EKONOMI
Keywords:
Strategi Pembelajaran Metakognitif, Hasil BelajarAbstract
Hasil pengamatan atau observasi awal yang penulis lakukan dengan guru ekonomi SMA Negeri 3 Nganjuk, dimana siswa terlalu bosan dengan strategi pembelajaran yang selalu diterapkan di sekolah, sehingga penulis mencoba menerapkan strategi yang cocok untuk siswa agar siswa tidak bosan dan lebih konsentrasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1).Untuk Mengetahui hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Ekonomi sebelum menerapkan strategi pembelajaran metakognitif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022, 2).Untuk Mengetahui Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Ekonomi sesudah menerapkan strategi pembelajaran metakognitif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022, 3). Untuk Mengetahui ada tidaknya perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan strategi pembelajaran metakognitif terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Tes sebelum menggunakan strategi pembelajaran metakognitif diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65 maka nilai rata rata pre tes 76 dan setelah menggunakan strategi pembelajaran metakognitif diperoleh hasil belajar dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70 maka nilai rata-rata posttes 83,5. Dari perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh nilai 16,5 sedangkan nilai 2,021.Dapat dilihat bahwa ≥ dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Yang artinya hipotesis yang diajukan oleh peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi “Ada Pengaruh sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran metakognitif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Ekonomi Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk TahunPelajaran2021/2022“
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0