PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHTASAPPGROUPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMK NU PACE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Lutfi Hidayaturrohmah
  • Umi Hidayati

Keywords:

Penerapan Pembelajaran Daring Melalui whatsappgroup Terhadap Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar ekonomi sebelum menggunakan penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup, 2) hasil belajar ekonomi sesudah menggunakan penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup, 3) perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ekonomi antara sebelum dan sesudah menggunakan penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X Smk Nu  Pace tahun pelajaran 2020/2021, sejumlah 82 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X-Akuntansi yang berjumlah 28 siswa. Pengambilan sampel yang dilakukan secara cluster random sampling yaitu dengan cara undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa statistik yaitu uji – t

 

Dalam penelitian ini nilai rata-rata sebelum penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup adalah 65 sedangkan nilai rata-rata sesudah penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup adalah 83. Kemudian disubtitusikan pada rumus t-tes diperoleh thitung = 12,3294 dan ttabel = 1,703. Sehingga thitung > ttabel yaitu 12,3294 > 1,703.

Dengan demikian dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ekonomi antara sebelum dan sesudah penerapan penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelasx Smk Nu Pace Tahun Pelajaran 2020/2021.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-11-02

How to Cite

Lutfi Hidayaturrohmah, & Hidayati, U. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHTASAPPGROUPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMK NU PACE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Ekonomi Dan Pendidikan Sinergi Untuk Inovasi, 3(1). Retrieved from https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jipe/article/view/434

Most read articles by the same author(s)