PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHTASAPPGROUPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMK NU PACE TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
Penerapan Pembelajaran Daring Melalui whatsappgroup Terhadap Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar ekonomi sebelum menggunakan penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup, 2) hasil belajar ekonomi sesudah menggunakan penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup, 3) perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ekonomi antara sebelum dan sesudah menggunakan penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X Smk Nu Pace tahun pelajaran 2020/2021, sejumlah 82 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X-Akuntansi yang berjumlah 28 siswa. Pengambilan sampel yang dilakukan secara cluster random sampling yaitu dengan cara undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa statistik yaitu uji – t
Dalam penelitian ini nilai rata-rata sebelum penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup adalah 65 sedangkan nilai rata-rata sesudah penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup adalah 83. Kemudian disubtitusikan pada rumus t-tes diperoleh thitung = 12,3294 dan ttabel = 1,703. Sehingga thitung > ttabel yaitu 12,3294 > 1,703.
Dengan demikian dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ekonomi antara sebelum dan sesudah penerapan penerapan pembelajaran daring melalui whatsappgroup terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelasx Smk Nu Pace Tahun Pelajaran 2020/2021.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0